Pemblokiran Terusan Suez Segera Usai, Harga Minyak Akan Kembali Pulih

0

Pemblokiran Terusan Suez Segera Usai, Harga Minyak Akan Kembali PulihGaekon.com – Kapal kontainer raksasa atau kapal kargo yang kandas di Terusan Suez sempat melemahkan harga minyak dunia.

Namun Harga Minyak dunia kini bangkit dari pelemahan pada perdagangan akhir pekan lalu. Seperti yang dilansir GAEKON dari Suara.com, Meski dilaporkan menguat, harga minyak masih menorehkan pelemahan mingguan ketiganya secara beruntun.

Harga minyak Brent melonjak 4,23 persen ke harga tertinggi di 64,57 dolar AS per barel setelah pada hari Kamis turun 3,8 persen.

Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 4,12 persen menjadi 60,97 dolar AS per barel, setelah jatuh 4,3 persen sehari sebelumnya.

Menyusul penurunan lebih dari 6 persen minggu lalu, kedua tolok ukur harga ini berada di jalur penurunan mingguan lebih dari 3 persen.

Sebelumnya, kapal kontainer raksasa, Ever Given tersangkut di Terusan Suez. Kapal tersebut sepanjang empat lapangan sepak bola dengan lebar mencapai 59 meter.

Perusahaan Jepang yang memiliki kapal raksasa ini, Shoei Kisen Kaisha, mengakui bahwa mendorong ataupun memindahkan Ever Given ini sangat sulit.

Bahkan perusahaan penyelamat mengatakan mungkin butuh waktu berminggu-minggu untuk mengevakuasi kapal kontainer raksasa itu.

Setidaknya sebanyak 150 kapal terjebak, menanti kapal penyelamat untuk membebaskan kapal sepanjang 400 m yang melenceng dari jalurnya karena angin kencang.

Untuk diketahui, Terusan Suez merupakan salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia untuk minyak dan bahan bakar olahan, biji-bijian, dan perdagangan lainnya antara Asia dan Eropa.

D For GAEKON