Pemerintah Akan Rakor Evaluasi Jalannya PPKM Level 4, Diperpanjang Lagi Atau Tidak?

0

Pemerintah Akan Rakor Evaluasi Jalannya PPKM Level 4, Diperpanjang Lagi Atau Tidak?Gaekon.com – Masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selalu dinantikan kejelasannya. Pasalnya, hampir disetiap sesi, aturan tersebut selalu diperpanjang dan hanya berganti istilah, dari PPKM Darurat menjadi PPKM Level 4.

Hal ini dikarenakan jumlah kasus positif Covid-19 yang dinilai belum mereda. Kini masyarakat kembali menantikan nasib PPKM Level 4 yang dimulai Selasa, (3/8) dan seharusnya berakhir Hari ini, Senin (9/8).

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, pemerintah belum memutuskan apakah akan memperpanjang PPKM Level 4 atau tidak.

Pemerintah Akan Rapat Koordinasi Untuk Evaluasi PPKM Level 4

Menurutnya, keputusan untuk memperpanjang atau mengakhiri PPKM berada di tangan Presiden Joko Widodo. Jodi mengatakan, pemerintah akan melakukan rapat koordinasi untuk mengevaluasi jalannya PPKM Level 4, terutama di wilayah Jawa dan Bali.

“Iya, akan ada rakor untuk evaluasi PPKM Jawa Bali,” kata Jodi.

Namun, pada rapat terbatas evaluasi perkembangan dan tindak lanjut PPKM Level 4, Sabtu (7/8), Jokowi menyebutkan, ada pergeseran lonjakan kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali.

“Selama dua minggu terakhir ini, saya melihat penambahan kasus-kasus baru di provinsi-provinsi di luar Jawa-Bali terus meningkat,” kata Jokowi.

Melihat masih tingginya angka infeksi Covid-19, Jokowi menyarankan agar pemerintah daerah dan institusi terkait memperkuat penanganan pandemi.

Jokowi mengatakan, daerah yang terpantau mengalami lonjakan kasus Covid-19 tinggi, diharapkan dapat melakukan pembatasan mobilitas masyarakat, setidaknya selama dua minggu.

Total hingga Minggu (8/8), Indonesia mencatatkan 3.666.031 kasus terkonfirmasi positif, 107.096 orang meninggal dunia, dan 3.084.702 pasien pulih. Lalu bagaimana dengan nasib PPKM Level 4 selanjutnya? Apakah akan terus diperpanjang lagi?

D For GAEKON