Pemerintah Batalkan Cuti Bersama, 22 Mei Tetap Jadi Harpitnas

0

Gaekon.com – Jadwal cuti bersama libur lebaran 2020 kembali diubah. Semula, besok Jumat 22 Mei adalah cuti bersama lebaran. Namun dalam Rapat Kabinet Terbatas, Rabu 20 Mei 2020, cuti bersama Jumat urung dilaksanakan.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah memutuskan untuk tetap masuk kerja Jumat besok. “Jadi Jumat enggak libur ya. Kita sudah putuskan tetap masuk kerja. Kan memang sedang work from home juga,” katanya dalam perbincangan dengan kumparan di program Live Corona Update, Rabu (20/5).

Sementara itu Menko PMK Mudhadjir Effendy menjelaskan para ASN dan pegawai BUMN tetap masuk pada 22 Mei. “Pemerintah memang sudah membatalkan cuti bersama Idul Fitri yang seharusnya dilaksanakan pada 22 Mei besok. Hal itu berlaku untuk ASN dan pegawai BUMN,” ujarnya.

Karena pandemi Covid-19, libur lebaran tahun ini berlangsung sangat pendek. Pemerintah menggeser cuti bersama ke tanggal 28 hingga 31 Desember 2020. Padahal libur lebaran identik dengan liburan panjang.

Sebelumnya, awal tahun, pemerintah menetapkan tanggal Lebaran 2020 di 24-25 Mei 2020 sedangkan cuti bersama ditetapkan tanggal 26 hingga 29 Mei 2020. Namun tanggal merah itu berganti menyesuaikan kondisi pandemi virus corona.

K For GAEKON