Pemerintah Izinkan Halal Bihalal Lebaran Tahun Ini, Airlangga Hartanto: Diimbau Untuk Tidak Ada Makan Dan Minum

0

Pemerintah Izinkan Halal Bihalal Lebaran Tahun Ini, Airlangga Hartanto: Diimbau Untuk Tidak Ada Makan Dan MinumGaekon.com – Hari Raya Idul Fitri identik dengan adanya acara Halal Bihalal. Lebaran tahun ini, Pemerintah menghimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas makan dan minum bersamaan saat menggelar acara halal bihalal.

Halal Bihalal Diadakan Sesuai Prokes

Melansir dari CNN, hal ini diungkapkan oleh Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) Airlangga Hartarto. Aturan tersebut guna meminimalisasi potensi penularan Covid-19 yang sampai saat ini masih bertransmisi di masyarakat.

“Untuk kegiatan halal bihalal diselenggarakan dengan protokol kesehatan dan diimbau untuk tidak ada makan dan minum. [Kalaupun ada] makan dan minum pun harus sesuai dengan jarak dan tempat,” kata Airlangga.

Masyarakat juga dihimbau agar tidak berlibur ke luar negeri saat libur panjang Lebaran mendatang.

Airlangga menjelaskan kondisi Covid-19 di sejumlah negara mengalami kenaikan, berbeda dengan Indonesia yang mengalami tren penurunan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

“Tentu kita tidak ingin kenaikan nanti dibawa Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) kita ke dalam negeri,” ujarnya.

Airlangga melanjutkan, seluruh kegiatan di tempat hiburan atau fasilitas publik boleh dilakukan asal masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memberikan lampu hijau mudik lebaran tahun ini, usai dua tahun sebelumnya pemerintah memberlakukan aturan larangan mudik di tengah kondisi pandemi virus corona.

Pemerintah juga telah menetapkan libur panjang, yakni libur nasional Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan cuti bersama Idulfitri pada 29 April, 4, 5, 6 Mei 2022.

D For GAEKON