Pemerintah Izinkan Jamaah Shalat Tarawih Dan Idul Fitri Di Tengah Pandemi, Ini Aturan Yang Harus Ditaati!

0

Pemerintah Izinkan Jamaah Shalat Tarawih Dan Idul Fitri Di Tengah Pandemi, Ini Aturan Yang Harus Ditaati!Gaekon.com – Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru terkait pelaksanaan ibadah Ramadan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19.

Selain protokol kesehatan seperti penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak antarjamaah, pemerintah juga memperbolehkan kegiatan ibadah secara berjamaah di luar ruang atau rumah.

Kegiatan itu boleh dilakukan dengan catatan jamaah terdiri dari anggota komunitas yang sudah dikenal satu dengan lainnya. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

“Sehingga jamaah dari luar, mohon supaya tidak diizinkan. Begitu juga dalam melaksanakan shalat berjamaah ini diupayakan untuk dibuat sesimpel mungkin sehingga waktunya tidak berkepanjangan, tidak terlalu panjang, mengingat dalam kondisi masih darurat,” terangnya.

Sementara itu untuk Shalat Idul Fitri, Muhadjir mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah bisa dilakukan di luar gedung dengan jamaah yang juga merupakan anggota komunitas warga. Jadi mereka semua sudah saling mengenal di lingkup komunitas.

“Yaitu dikenal satu sama lain, dan juga diupayakan untuk mematuhi protokol yang sangat ketat dan juga supaya menjaga untuk tidak terjadi kerumunan, konsentrasi orang terutama saat sedang akan datang menuju ke tempat shalat jamaah, baik itu di lapangan atau di masjid atau ketika saat bubar dari shalat jamaah,” kata Muhadjir.

Meski diperbolehkan melakukan jamaah, masyarakat diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, hal ini demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

D For GAEKON