Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021 Dan Pangkas Cuti Bersama

0

Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021 Dan Pangkas Cuti BersamaGaekon.com – Pandemi Covid-19 lagi-lagi membuat pemerintah melarang mudik lebaran tahun ini. Larangan mudik akan dimulai pada tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Dan ini berlaku untuk seluruh kelompok masyarakat.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Pemerintah resmi melarang mudik lebaran ini demi mencegah penyebaran virus corona di tengah program vaksinasi yang sedang berjalan.

Sementara itu dalam jumpa pers virtual usai rakor menteri, Menko PMK, Muhadjir Effendy mengatakan bahwa cuti bersama tetap diadakan.

“Cuti bersama Idul Fitri 1 hari tetap ada, namun tidak boleh ada aktivitas mudik,” katanya.

Pemerintah telah memangkas cuti bersama yang awalnya tanggal 17-19 Mei 2021 resmi dipangkas menjadi 1 hari saja, yaitu 12 Mei 2021.

“Aturan menunjang peniadaan mudik akan diatur K/L terkait termasuk Satgas COVID dan diatur langkah pengawasannya oleh TNI/Polri, Kemenhub, Pemda, dll,” terangnya.

Sebelumnya, Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berdasarkan hasil rapat tingkat menteri, Jumat (26/3).

“Ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan. Berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, BUMN, karyawan swasta maupun pekerja mandiri dan juga seluruh masyarakat,” ujar Muhadjir dalam konferensi pers secara virtual, usai rapat.

D For GAEKON