Pemerintah Pulangkan 7.200 Pekerja Migran Dari Malaysia, 154 Orang Tiba Di Indonesia Hari Ini

0

Pemerintah Pulangkan 7.200 Pekerja Migran Dari Malaysia, 154 Orang Tiba Di Indonesia Hari IniGaekon.com – Sebanyak 154 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia dipulangkan ke Indonesia pada Kamis (24/6). Mereka menjadi kloter pertama yang akan di pulangkan dari 7.200 orang.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menerangkan bahwa 7.200 itu adalah PMI bermasalah yang terdata di Malaysia.

Mereka diberangkatkan dari Malaysia pukul 14.00 WIB kemarin (24/6). Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Arya Pradhana Anggakara mengatakan bahwa 154 PMI tersebut menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA821.

“Pukul 14.00 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA821 dari Kuala Lumpur, jumlah 154 orang,” terang Arya.

Pekerja Migran Indonesia Sudah Menjalani Karantina

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri mengatakan bahwa PMI yang akan dipulangkan telah menjalani proses karantina di Malaysia.

Bahkan sebelum kepulangannya juga sudah dilakukan SWAB PCR Test dengan hasil negatif. Mereka juga telah melalui penerapan protokol kesehatan di Malaysia. Terutama kelompok rentan seperti PMI yang sedang hamil, mengalami penyakit kulit, usia rentan hingga membawa bayi.

Femmy juga menerangkan bahwa pemulangan akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama ini total yang akan dipulangkan 293 orang, dan dibagi dua kloter.

D For GAEKON