Omicron Memprihatinkan, Pemerintah Resmi Larang PNS Ke Luar Negeri

0

Omicron Memprihatinkan, Pemerintah Resmi Larang PNS Ke Luar NegeriGaekon.com – Peningkatan kasus positif Covid-19 varian Omicron membuat Pemerintah mengeluarkan aturan baru.

Aturan tersebut berisi larangan PNS ke luar negeri. Melansir dari Liputan6, pemerintah membatasi masyarakat untuk pergi ke luar negeri, termasuk ASN dan keluarganya.

Pembatasan atau pelarangan PNS ke luar negeri tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 03/2022 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Negeri Bagi Pegawai ASN Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

“SE dimaksudkan sebagai pedoman bagi Pegawai ASN pada instansi pemerintah untuk menerapkan kebijakan mengenai pembatasan kegiatan bepergian keluar negeri dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Indonesia,” tertulis dalam SE yang ditandatangani Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada 13 Januari 2022.

Pemerintah Masih Memberikan Pengecualian

Meski demikian, pemerintah masih memberikan pengecualian bagi tujuan tertentu masih dibolehkan untuk bepergian ke luar negeri.

ASN etap dapat melaksanakan Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN) dengan ketentuan. Yakni setelah memperoleh surat tugas yang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan instansinya.

Bagi ASN yang melaksanakan kegiatan bepergian ke luar negeri pada masa pandemi, harus memperhatikan protokol kesehatan perjalanan luar negeri seperti yang ditetapkan satgas penanganan Covid-19.

ASN juga diminta untuk memperhatikan petunjuk pelaksanaan perjalanan internasional pada masa pandemi Covid-19 yang ditetapkan Kementerian Perhubungan.

Selain itu pegawai juga diharap mematuhi kebijakan pintu masuk atau entry point, tempat karantina dan kewajiban pemeriksaan Covid-19 bagi WNI pelaku perjalanan luar negeri, seperti yang telah diatur satgas Covid-19.

D For GAEKON