Pemkot Sulap 2 Puskesmas Jadi RSUD, Anggarkan Rp 13 M

0

Tahun ini jumlah RSUD di Kota Surabaya akan bertambah. Pemkot menyiapkan anggaran Rp 13 miliar untuk membuat dua puskesmas naik kelas jadi rumah sakit.

Dua puskesmas itu adalah Puskesmas Tanah Kali Kedinding dan Puskesmas Tanjungsari. Rencana itu bakal direalisasikan tahun 2020.

“Kami menargetkan ada dua RSUD baru di Surabaya. Saat ini tengah berproses,” terang Kepala Dinkes Surabaya Febria Rachmanita, Kamis 9 Januari 2020.

Puskesmas Tanah Kali Kedinding akan jadi RSUD tipe C. Sedangkan Puskesmas Tanjungsari akan jadi RSUD tipe D. Keduanya nanti akan fokus pada layanan kesehatan khusus. RSUD Tanjungsari akan fokus ke layanan kesehatan ibu dan anak. Sementara RSUD Kali Kedinding akan ada layanan spesialis dasar dan rehabilitasi sosial.

“Nanti jika ada pasien depresi ringan bisa di RSUD baru ini,” papar Feni.

Saat ini proses kesiapan tengah diupayakan pemkot. Baik dari segi administrasi dan kesiapan SDM. Saat ini di Puskesmas Kali Kedinding ada 8 dokter spesialis. Sementara di Puskesmas Tanjungsari ada 2 dokter spesialis.

“Kalau dokter bisa mengambil dari RSUDSoewandhie dan RSUD BDH,” jelasnya. Febria juga mengatakan bakal menambah tenaga medis dan perawat tenaga kontrak.

Kesiapan gedung dan ketersedian lahan juga sudah dijamin oleh Pemkot Surabaya. “Saat ini kami juga telah menyiapkan sarana dan prasarana kesehatan di calon RSUD tersebut. RSUD Kali Kedinding nantinya relatif lebih banyak karena akan disiapkan 200 bed rawat inap,” ujar Febria.

Kabid Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman PU Cipta Karya, Iman Krestian, menambahkan proses lelang dilakukan sekitar Maret mendatang.

“Sekitar enam bulan ke depan, bangunan empat lantai RSUD Kali Kedinding tuntas. Diharapkan akhir 2020 bisa dioperasikan. Untuk RSUD Kali Kedinding akan menelan anggaran Rp 10 miliar, sementara RSUD Tanjungsari sekitar Rp 3 miliar,” tandas Imam.

Bila rampung, Pemkot Surabaya menjamin bagi warga Surabaya yang tidak mampu bisa menikmati layanan kesehatan disana secara gratis. Termasuk saat harus memeriksakan kandungan dan kesehatan ibu dan anak. 

K For GAEKON