Surabaya, JATIM – Proyek flyover Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB) dipastikan akan rampung tahun ini. Pihak Pemkot Surabaya berjanji proyek yang bertujuan untuk mengurai kemacetan itu bisa segera dipakai.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memastikan pihaknya bakal mengebut proyek JLLB. Selain mengurai kemacetan, flyover itu rencananya juga bakal sambung langsung ke Gelora Bung Tomo.

“Proyek JLLB ini harus selesai tahun ini (2020), nanti proyek JLLB ini bisa langsung ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan juga tembus langsung ke jalan tol,” kata Risma kepada GAEKON 10 Februari 2020.

JLLB tidak sama dengan jalan tol. Sebab kendaraan roda dua boleh melintas di dalamnya. Saat ini Pemkot Surabaya juga fokus ke penyelesaian proyek box culvert di Jalan Raya Sememi. Hal itu dimaksudkan agar kendaraan bisa naik ke Flyover JLLB.

“Box culvert ini akan diselesaikan dulu, biar nanti kendaraan bisa naik ke JLLB. Selain bisa ke stadion GBT, flyover JLLB ini nanti bisa langsung ke jalan tol,” jelasnya.

Flyover JLLB memiliki dua jalur dengan panjang sekitar 3,5 kilometer. Menariknya, flyover JLLB ini dapat menuju GBT, Jalan Tol Surabaya- Gresik, dan Kawasan Citra Land. Proyek ini memakan anggaran Rp 132 miliar dari APBD.

Tujuan JLLB ini untuk mengurai konsentrasi kemacetan di jalur lingkar luar dalam. Yakni kemacetan di Unesa dan Pakuwon Trade Center.

“Karena itu kenapa kami buka yang lingkar luar dalam sama JLLB, supaya terpecahkan konsentrasi dari keramaian. Karena kalau tidak, itu akan konsentrasi di tempat-tempat itu,” tuturnya.

Proyek JLLB juga upaya mengantisipasi pertambahan jumlah kendaraan tiap tahun. Hal itu seperti proyek MERR yang sudah terlihat penambahan volume kendaraan yang melintasinya.

Risma juga menegaskan proyek jalan diupayakan ada di seluruh wilayah Surabaya agar tidak terjadi ketimpangan pembangunan. “Supaya persebaran itu tidak ada daerah tertinggal di Surabaya. Karena itu juga untuk memancing investasi. Kalau tidak nanti kumpulnya di situ saja,” pungkas Risma.

Baca juga : APBD 2020 Rp 10 T, Pemkot Surabaya Bertekad Rampungkan Infrastruktur

K For GAEKON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here