Pemprov DKI Jakarta Gelar Vaksinasi, 600 WNA Pengungsi Dan Pencari Suaka Diberi Fasilitas Vaksin Tahap Pertama

0

Pemprov DKI Jakarta Gelar Vaksinasi, 600 WNA Pengungsi Dan Pencari Suaka Diberi Fasilitas Vaksin Tahap PertamaGaekon.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar vaksinasi Covid-19 untuk Warga Negara Asing (WNA) pengungsi dan pencari suaka yang berdomisili di Jabodetabek. Vaksinasi tahap pertama diberikan sebanyak 600 akseptor.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama sejumlah pihak menyelenggarakan kegiatan vaksinasi untuk WNA tersebut agar tercipta kekebalan komunitas.

“Virusnya menular pada siapa saja, baik Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing, termasuk para pencari suaka. Ini masalah umat manusia di mana semua harus mendapatkan perlakukan sama dan setara,” ujar Anies.

Anies mengatakan bahwa untuk vaksinasi tahap pertama diberikan sebanyak 600 akseptor atau 1.200 vaksin (tahap 1 dan 2) dengan vaksin Sinopharm.

Sementara untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut dilakukan di Gedung Olahraga Bulungan, Jakarta Selatan. Menurut Anies, kegiatan tersebut merupakan balasan surat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sebelumnya, Anies mengirimkan surat usulan kepada Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk Warga Negara Asing (WNA) pengungsi dan pencari suaka di Ibu Kota.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Anies Baswedan pada 12 Juli 2021 tersebut, Pemprov DKI Jakarta terus mengupayakan peningkatan vaksinasi kepada masyarakat mulai umur 12 tahun ke atas.

“Menghadapi itu kita ketemu jalan keluar, dan Kadin Indonesia pun merespons untuk turun tangan menyiapkan vaksin gotong royong. Sedangkan kami di Pemprov DKI siapkan regulasi dan vaksinnya,” jelas Anies.

Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi mengatakan bahwa melalui program kolaborasi ini, sebanyak kurang lebih 600 WNA pengungsi dan pencari suaka diberikan fasilitas untuk melakukan vaksinasi tahap pertama dengan vaksin Gotong Royong.

D For GAEKON