Pemuda Di Kediri Diringkus Polisi, Kedapatan Bawa 10 Kilogram Bubuk Mesiu Siap Edar

0

Pemuda Di Kediri Diringkus Polisi, Kedapatan Bawa 10 Kilogram Bubuk Mesiu Siap EdarGaekon.com – Seorang pemuda berinisial MNS (20) di Kediri, Jawa Timur kedapatan membawa bahan peledak.

Melansir dari Kompas, Polsek Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur menangkap warga Desa Bangle, Kecamatan Ngadiluwih itu pada Sabtu (9/4).

Pemuda Di Kediri Memakai Mesiu Untuk Membuat Mercon

MNS ditangkap saat membawa 10 kilogram bubuk mesiu siap edar. Bubuk mesiu atau biasa disebut serbuk hitam itu kerap disalahgunakan sebagai bahan membuat petasan atau mercon.

Pemuda tersebut lantas digiring ke markas Polsek Wates untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pelaku mengaku bubuk mesiu itu didapat dari seseorang dan dipakai untuk bahan membuat petasan.

Pelaku disangka Pasal 1 Ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 perihal kepemilikan bahan peledak.

Kepala Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Wates Inspektur Polisi Satu (Iptu) Syahrudi mengatakan, penangkapan tersangka bermula dari laporan warga.

Warga curiga lantaran seseorang yang membawa ransel hitam pada tengah malam.

“Pelaku ditangkap di jalan raya Desa Silir, Kecamatan Wates, sekitar pukul 23:00 WIB,” ujar Iptu Syahrudi.

Saat menggeledah pelaku, petugas menemukan bubuk mesiu atau bahan peledak di ransel. Bubuk mesiu itu dikemas dalam beberapa kantong plastik. Total beratnya mencapai 10 kilogram.

“Harga per kilogramnya Rp 200.000,” lanjut Syahrudi.

D For GAEKON