Pendiri Batik Danar Hadi Meninggal Dunia, Ini Profil Santosa Doellah

0

Pendiri Batik Danar Hadi Meninggal Dunia, Ini Profil Santosa DoellahGaekon.com – Pendiri sekaligus pelestari Batik Danar Hadi, Santosa Doellah meninggal dunia pada Senin (2/8). Santosa Doellah meninggal dunia diduga karena terjangkit Covid-19.

Adik ipar Santosa Doellah, Achmad Purnomo mengatakan bahwa kakaknya itu meninggal di rumah sakit Indriyati Solo sekitar pukul 18.30 WIB.

“Sempat menjalani perawatan di rumah sakit lantaran Covid-19, Namun sebenarnya sudah dinyatakan negatif, Bahkan sempat pulang ke rumah,” terangnya.

Namun saat itu Santosa Doellah mengalami gangguan infeksi saluran kencing, sehingga kembali dibawa ke rumah sakit.

Profil Pendiri Batik Danar Hadi

Santosa Doellah merupakan anak dari pasangan Dr Doellah dan Hj Fatimah Wongsodinomo. Ia lahir pada 7 Desember 1941. Santosa Doellah dibesarkan oleh keluarga yang juga menggeluti dunia batik.

Santosa Doellah mulai memperlajari batik dibawah didikan sang kakek. Ia belajar mengenai teknik menghasilkan selembar kain adiluhung untuk keraton hingga kain batik sudagaran berkualitas.

Santosa mengenyam pendidikan di Universitas Padjadjaran, Fakultas Ekonomi. Setelah lulus sebagai seorang Sarjana Ekonomi, Santosa kembali ke Solo dan memutuskan untuk tetap berkecimpung di dunia batik.

Tahun 1967, Santosa menikah dengan Danarsih. Kecintaan mereka terhadap batik membuatnya menentukan pilihan untuk menghidupi keluarga melalui usaha batik.

Nama Danar Hadi dijadikan merek dagang, mengambil dari nama Danarsih dan ayahnya, Hadiprijono.

D For GAEKON