Peneliti : AstraZeneca Ampuh Lawan Varian Delta

0

Vaksin AstraZenecaGaekon.com – Varian baru Covid-19 varian Delta dan Kappa kini mulai meresahkan. Namun berdasarkan penelitian ilmuwan Oxford, Vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca dan Pfizer dinilai mampu melawan varian baru Covid-19 tersebut.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Dalam penelitian ilmuwan Oxford yang dirilis di jurnal kesehatan Cell menerangkan bahwa penyuntikan dosis kedua vaksin Pfizer dan AstraZeneca dapat menetralkan dua varian asal India tersebut.

Sementara itu hal serupa dikatakan oleh badan Kesehatan Publik Inggris (PHE). Menurut analisisnya, vaksin Pfizer dan AstraZeneca dapat memberikan perlindungan lebih dari 90 terhadap varian Delta.

Tanggapan Pihak AstraZeneca

Laporan-laporan tersebut diapresiasi Eksekutif AstraZeneca Mene Pangolas. Pihaknya memastikan bahwa vaksin produksinya ampuh menghadapi varian-varian baru itu.

“Kami mendorong kalian melihat laporan non-klinis yang dipublis Oxford dan PHE, ini memberikan indikasi positif vaksin kami punya dampak siginifikan terhadap varian Delta,” ujar Pangalos seperti dikutip dari Reuters.

Varian Delta dari India telah menjadi kekhawatiran utama dunia. WHO bahkan menyebut, varian itu bakal mendominasi.

Delta dan Kappa sendiri pertama kali ditemukan di India. Varian tersebut disebut-sebut lebih menular dan mematikan dibanding yang ada sebelumnya. Maka dari itu varian baru tersebut meresahkan banyak orang.

D For GAEKON