Peneliti LIPI Pastikan Babi Yang Viral Itu Babi Hutan Bukan Babi Ngepet

0

Peneliti LIPI Pastikan Babi Yang Viral Itu Babi Hutan Bukan Babi NgepetGaekon.com – Peneliti Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Taufiq Purna Nugraha menganalisis visual babi yang sempat tertangkap warga di Bedahan, Sawangan, Depok.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Taufiq memastikan bahwa hewan tersebut merupakan seekor babi hutan.

“Kalau dari jenisnya sepertinya Sus Scrofa (Babi Hutan). Cukup umum,” ujarnya.

Menurut Taufiq, dalam kaca mata zoologi, tidak ada istilah babi ngepet. Sementara terkait menyusutnya ukuran babi berdasarkan laporan warga, ia menyebut hal itu bisa terjadi. Namun tidak bisa terjadi dalam waktu yang cepat, karena memerlukan proses.

“Dari sudut pandang ilmiah, masa otot dan lemak bisa saja menyusut. Demikian juga dengan rangka tubuh masa tulang bisa menurun karena pengeroposan misalnya di usia senja. Tetapi memakan waktu yang lebih lama lagi,” tambahnya.

Saat ditunjukkan foto keadaan babi yang semakin menyusut itu Taufiq justru menanggapinya bahwa itu adalah kurus bukan menyusut.

“Ini hanya terlihat menjadi lebih kurus. Bukan menyusut secara ekstrem. Karena secara anatomi tidak memungkinkan,” pungkasnya.

Sebelumnya, warga di Bedahan, Sawangan, Depok, menangkap babi pada Selasa (27/4) dini hari. Mereka percaya bahwa itu babi ngepet lantaran tak bisa ditangkap jika tidak dalam posisi telanjang.

Bahkan setelah ditangkap tubuhnya diakui juga terus menyusut. Hewan tersebut kemudian dipenggal lalu dikuburkan dengan memisahkan kepala dan badannya.

D For GAEKON