Penemu Kaset Lou Ottens Meninggal Dunia Di Usia 94 Tahun

0

Penemu Kaset Lou Ottens Meninggal Dunia Di Usia 94 TahunGaekon.com – Penemu Kaset, Lou Ottens dikabarkan meninggal dunia di rumahnya di Duizel, Belanda, pada Sabtu, 6 Maret 2021. Ottens meninggal dunia di usia 94 tahun.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Medcom, Lou Ottens mulai bekerja untuk Phillips pada 1952. Setelah 8 tahun bekerja, Ottens menjadi kepala divisi pengembangan produk.

Dalam satu tahun bekerja pada divisi itu, Ottens bersama timnya memperkenalkan tape recorder portabel. Ia kemudian mengganti sistem tape reel-to-reel, dengan kaset yang lebih kecil.

“Saya kesal dengan sistem reel-to-reel yang tidak mudah bagi pengguna. Sesederhana itu,” kata Ottens tentang gagasannya membuat kaset, dilansir dari DutchNews.nl.

Tak berhenti disitu saja, Ottens terus memikirkan mengenai alat kecil yang bisa masuk ke dalam kantung jaket. Ia kemudian membuat model kaset dengan kayu, untuk menentukan ukuran yang ideal.

Saat itulah produksi kaset berbahan plastik dimulai. Pada 1963 kaset pertama kali diperkenalkan dalam sebuah pameran elektronik dengan slogan “lebih kecil dari kotak rokok!”

Ottens kemudian membangun kerjasama dengan Sony, agar mereka memproduksi kaset dengan standar yang sama. Alhasil, proyek ini berhasil. Ottens berhasil menciptakan bentuk yang kecil, cara kerja yang ramah, biaya produksi juga terjangkau.

Kaset akhirnya merevolusi industri musik, menggantikan piringan hitam, dan reel-to-reel. Membuat distribusi dan produksi lebih mudah, bahkan proses penggandaan kaset pun dapat dilakukan secara rumahan.

Kaset bekerja memanfaatkan pita magnetis. Prinsip kerja yang tak jauh berbeda dari reel-to-reel yang ada sebelumnya. Lewat kaset, musik tersebar lebih cepat, lebih luas, dan menjadi bagian dari kehidupan seluruh lapisan masyarakat.

Revolusi yang dilakukan Ottens mengubah wajah dunia, khususnya bagaimana kita mengonsumsi musik. Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan satu-satunya hal yang disesali adalah, dia tak terlibat dalam penemuan Walkman.

Walkman sendiri merupakan alat pemutar kaset ukuran saku, yang sangat ideal dan sesuai dengan semangat Ottens dalam membuat segalanya lebih mudah dan dalam ukuran kecil.

D For GAEKON