Pengantin Jawa Ini Letakkan Kain Kafan Di Bawah Kakinya Saat Resepsi

0

Pengantin Jawa Ini Letakkan Kain Kafan Di Bawah Kakinya Saat ResepsiGaekon.com – Kebudayaan jawa saat ini memang masih menempel di benak orang jawa. Apalagi sesuatu yang berkaitan dengan pernikahan, banyak sekali larangan dan aturan yang harus dilakukan agar selamat dan menjadi keluarga yang bahagia.

Dalam video yang sempat dibagikan kreator TikTok @pehpotret memperlihatkan salah satu kebudayaan jawa yang masih menjadi kepercayaan sampai saat ini.

Dalam video tersebut terlihat sepasang pengantin jawa tengah mengenakan baju berwarna merah keungu-unguan. Keduanya sedang duduk di pelaminan sembari kakinya menginjak kain kafan/mori.

“Selama pehpotret bertemu dengan banyak pengantin.. Baru kali ini ketemu kepercayaan seperti ini.” Tulisnya dalam video.

Dari percakapan dalam video itu terdengar bahwa kain kafan yang ada di bawah kaki itu tidak boleh disingkirkan, harus diinjak oleh sepasang pengantin itu.

Kemudian sang pengantin menjelaskan bahwa hal itu merupakan salah satu syarat ketika ada pengantin anak pertama bertemu dengan anak terakhir.

Syarate ngono nek anak mbarep ketemu anak ragil, (syaratnya gitu kalau anak pertama ketemu anak terakhir),” ungkap mempelai wanita.

Maka dari itu, selama prosesi pernikahan kain kafan itu harus tetap ada di bawah kaki pengantin dan tidak boleh dipindahkan sama sekali.

D For GAEKON