Pengetatan PPKM Mikro Darurat Kemungkinan Akan Diumumkan Hari Ini

0

Pengetatan PPKM Mikro Darurat Kemungkinan Akan Diumumkan Hari IniGaekon.com – Pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kemungkinan akan diumumkan hari ini, Rabu (30/6).

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa Pemprov DKI dan beberapa provinsi lainnya akan membahas pengetatan tersebut bersama pemerintah pusat.

“Mungkin besok sudah disampaikan, kita tunggu saja, besok pagi kami akan ada rapat lagi,” kata Riza pada Selasa (29/6).

Pemerintah menilai bahwa pengetatan PPKM ini perlu dilakukan demi menekan penularan Covid-19. Dari aturan yang sudah ada kini perlu dilakukan peningkatan pengetatan kembali.

Sementara itu, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menunjuk Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai koordinator PPKM darurat yang akan diterapkan di Jawa dan Bali.

Detail Pengetatan PPKM Mikro Masih Terus Dimatangkan

Meski telah ditunjuk, Jodi mengatakan bahwa detail terkait PPKM Mikro masih terus dimatangkan. Belum dapat dipastikan mulai kapan PPKM Mikro Darurat ini akan diberlakukan. Namun secepatnya akan segera diumumkan.

Nantinya, pembatasan diterapkan pada sejumlah sektor, mulai dari pusat perbelanjaan hingga sektor esensial lainnya.

Sebelumnya, pada Selasa (29/6), beberapa hal pokok yang berkaitan dengan pengetatan PPKM sudah dibahas bersama beberapa kepala daerah lainnya. Namun Riza mengungkapkan bahwa terkait detail aturan tersebut akan disampaikan oleh pemerintah pusat.

D For GAEKON