Tahap Pertama Penghentian Siaran Televisi Analog Akan Dilakukan Mulai 30 April 2022

0

Tahap Pertama Penghentian Siaran Televisi Analog Akan Dilakukan Mulai 30 April 2022Gaekon.com – Mulai 30 April 2022, tahap pertama penghentian siaran televisi analog atau Analog Switch Off (ASO) akan segera dimulai.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menetapkan tiga tahap dan jadwal ASO.

Tahap pertama rencananya akan dimulai pada 30 April 2022, dengan target pelaksanaan penghentian siaran paling lambat adalah 2 November 2022.

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, Ismail, mengatakan tahap kedua penghentian siaran TV analog akan dilakukan di 25 Agustus 2022 dan tahap ketiga pada 2 November 2022.

Ismail mengatakan, pelaksanaan ASO secara bertahap merupakan praktik yang lazim dilakukan di berbagai negara.

Dengan pentahapan ini pemangku kepentingan juga dinilai dapat mempersiapkan siaran digital dengan sebaik-baiknya, tanpa menggangu kualitas siaran analog.

“Hal ini tepat untuk diterapkan di Indonesia dengan kondisi geografisnya yang sangat luas dan jumlah siaran televisi analog yang juga banyak,” katanya.

Penyesuaian Jadwal Bukan Menunda Peralihan Televisi Analog Ke Digital

Ismail mengatakan bahwa penyesuaian jadwal ASO bukan untuk menunda persiapan peralihan dari siaran analog ke digital. Namun agar transisi menuju ASO menjadi proses yang berjalan baik bagi semua pihak.

Untuk tahap 1 akan dilakukan penghentian siaran TV analog ada 56 wilayah dan 166 kabupaten/kota. ASO tahap 2 akan ada 31 wilayah dengan 110 kabupaten/kota. Sementara tahap 3 yaitu 25 wilayah dengan 63 kabupaten/kota.

D For GAEKON