Kena Tipu, Pengusaha Kerupuk Kudus Beli Minyak Goreng Malah Dikirimi Air Kaldu

0

Kena Tipu, Pengusaha Kerupuk Kudus Beli Minyak Goreng Malah Dikirimi Air KalduGaekon.com – Kondisi minyak langka disejumlah daerah rupanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Seperti pengusaha kerupuk di Desa Cendono, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ini. Kakak beradik tersebut menjadi korban lantaran ditipu oleh penjual minyak goreng.

Melansir dari Kompas, Musmiah (58) dan Siti Mutoharoh (45) awalnya membeli minyak goreng curah di seorang penjual minyak.

Musmiah dan Siti sudah tiga kali memesan minyak goreng ke penjual itu. Tiga kali transaksi, kakak beradik itu selalu mendapat minyak goreng asli. Sehingga tidak ada rasa khawatir sama sekali.

Namun, keempat kalinya memesan justru zonk. Sebanyak 25 jeriken yang mereka pesan justru berisi air.

Dari 21 jeriken yang dibeli Siti, 20 di antaranya berisi minyak goreng palsu. Air tersebut berwarna kuning seperti kuah kaldu atau soto. Hanya satu jeriken yang berisi minyak goreng asli.

“Saya beli 21 jeriken. Per jeriken isinya 17 kilo. Jadi, total harganya Rp 5.890.500. Saya baru membayar kepada penjualnya Rp 5.000.000,” ujar Siti.

Sementara Musmiah membeli lima jeriken yang semuanya berisi air. Warnanya putih jernih, namun kemasan luar jeriken itu masih belepotan bekas minyak goreng.

Harga minyak goreng curah yang ditawarkan oleh penjual itu lebih murah ketimbang harga di pasaran. Penjual itu membanderol Rp 16.500 per kilogram, sedangkan harga pasaran di Kudus mencapai Rp 18.000 per kilogram. Keduanya tertarik karena harganya lebih murah.

Sejumlah 25 jeriken yang dipastikan berisi air tersebut sudah dijadikan barang bukti untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kasus Penipuan Minyak Goreng Sedang Diselidiki Polres Kudus

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Kudus AKP Agustinus David menuturkan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (12/2) pukul 14.00 WIB di rumah korban di Desa Cendono. David menjelaskan, saat ini polisi masih berupaya mendalami kasus minyak goreng palsu tersebut.

D For GAEKON