Para Pengusaha Rokok Jatim Tolak Kenaikan Cukai Rokok di 2022

0

Para Pengusaha Rokok Jatim Tolak Kenaikan Cukai Rokok di 2022Gaekon.com – Pandemi Covid-19 memang secara tidak langsung memukul keras para pengusaha, salah satunya yaitu pengusaha rokok. Hal ini membuat mereka menolak kebijakan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok yang kabarnya akan diumumkan pada Oktober 2021.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Ketua Gabungan Perusahaan Rokok (Gapero) Jawa Timur Sulami Bahar mengatakan bahwa banyak pelaku industri hasil tembakau yang terpukul di masa pandemi ini.

“Sejak pandemi dan kenaikan eksesif tarif sebesar 23 persen industri hasil tembakau mengalami penurunan. Kami sudah sampaikan surat resmi Gapero ke Gubernur Jawa Timur terhadap kondisi IHT,” kata Sulami.

Gapero Surabaya mengajukan dua tuntutan, diantaranya yaitu pemerintah tidak menaikkan tarif cukai rokok untuk 2022 dan untuk tahun fiskal 2023 dan seterusnya, pemerintah menerapkan formula kenaikan tarif cukai rokok berbasis angka inflasi atau angka pertumbuhan ekonomi, atau keduanya.

Ketua Gapero Jatim : Sepanjang 2020 Industri Rokok Menurun 10 Persen

Kedua hal tersebut dinilai Gapero memiliki fungsi vital untuk menjaga kelangsungan IHT. Sulami mengatakan, sepanjang 2020 industri rokok mengalami penurunan sebesar 10 persen akibat Pandemi Covid-19.

Besarnya kenaikan tarif cukai yang mencapai 23 persen tersebut juga meningkatkan Harga Jual Eceran (HJE) yang naik rata-rata 35 persen di tahun yang sama.

“Tahun 2021 ini kami perkirakan IHT akan kembali turun 5-10 persen, karena wabah Covid-19 masih berlangsung dan diperparah dengan kenaikan tarif cukai rata-rata 12,5 persen,” ungkapnya.

Sulami mengatakan bahwa hal itu menunjukkan bahwa saat ini industri rokok sedang berada dalam tekanan, akibat kebijakan kenaikan tarif cukai yang terus mengalami peningkatan setiap tahun.

Sementara daya beli masyarakat melemah akibat pandemi Covid-19. Apabila situasi ini terus berlangsung, Gapero khawatir dampak turunannya akan bergulir hingga ke petani.

D For GAEKON