Penuhi Kebutuhan Vaksin Covid-19, Bio Farma Telah Produksi 19 Juta Vaksin

0

Penuhi Kebutuhan Vaksin Covid-19, Bio Farma Telah Produksi 19 Juta VaksinGaekon.com – PT Bio Farma (Persero) telah memproduksi sekitar 19 juta dosis vaksin Covid-19 dari 25 juta bahan baku Sinovac.

Juru bicara vaksinasi covid-19 dari Bio Farma, Bambang Heriyanto mengatakan ada delapan batch atau sekitar 7,5 juta dosis vaksin covid-19 yang mendapat lot release hingga akhir Februari 2021.

“Februari ini kita siap 7,5 juta dosis dan bulan Maret kita persiapkan sekitar 11,4 juta sehingga tidak ada kendala dari ketersediaan produk,” ucap dia.

Pasokan vaksin itu diyakini memenuhi kebutuhan vaksinasi tahap kedua. Namun jumlah tersebut akan terus bertambah untuk memenuhi kebutuhan program vaksinasi di Indonesia.

Bambang juga menerangkan, bahwa sampai saat ini sudah 20 batch yang diproduksi oleh Bio Farma. Satu batch terdiri dari sekitar 950 ribu dosis.

“Jadi (vaksin yang sudah diproduksi) mendekati 20 juta kurang. Mungkin 19 juta,” kata Bambang.

Bambang menyebut dari 20 batch, baru lima batch yang sudah lolos evaluasi uji mutu vaksin atau lot release. Izin itu diberikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Vaksin tersebut akan terus didistribusikan ke sejumlah wilayah. Target distribusi dalam waktu dekat, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatra Barat, dan Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, Bio Farma telah mendistribusikan sekitar 2,6 juta dosis vaksin Covid-19 ke enam provinsi di luar DKI Jakarta per Senin, 22 Februari 2021.

Vaksin tersebut disebar ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, Banten, dan Bali.

D For GAEKON