Perbaiki Postur Tubuhmu Dengan Melakukan Gerakan Ini!

0

Postur tubuh memang menjadi hal yang penting bagi setiap orang. Karena postur ini juga mempengaruhi penampilan seseorang. Mereka akan melakukan apapun agar postur tubunya tetap ideal. Agar tetap percaya diri ketika harus tampil maupun bertemu dengan orang lain.

Memiliki postur yang baik akan membantu fleksibilitas, mengembangkan kekuatan, dan menyeimbangkan tubuh. Selain itu juga dapat mengurangi beban pada otot dan ligamen. Sehingga akan terhindar dari risiko cedera dikemudian hari.

Memang sangat baik apabila memiliki postur tubuh yang sempurna. Namun memperbaiki postur tubuh ini tidaklah mudah. Seperti halnya tubuh yang sering membungkuk, berusaha memulihkan postur tubuh saat menjalani keseharian dengan memperbaiki cara berjalan hingga posisi tidur.

Proses tersebut tidak bisa instan, membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus dilakukan dengan rutin. Seperti yang dikutip GAEKON dari berbagai sumber, berikut beberapa gerakan yang dapat memperbaiki postur tubuh dan kembali normal.

  1. Peregangan dari pantat ke tumit

Gerakan pertama yang bisa membantu untuk memperbaiki postur tubuh adalah melakukan peregangan dari pantat ke tumit. Gerakan tersebut dapat memperbaiki posisi punggung dan juga pinggang. Selain itu, otot tumit dan pantat juga akan terlatih.

Cara melakukannya cukup mudah, siapkan alas seperti matras ataupun karpet terlebih dahulu, agar celana tidak kotor karena menempel langsung di lantai. Lakukan gerakan pertama dengan berlutut sembari tangan dan kaki (posisi ingin sujud). Posisi lutut di bawah pinggul dan tangan di bawah bahu. Cobalah untuk menjaga punggung dan leher agar tetap lurus dan jangan mengunci siku.

  1. Lipat tubuh ke bawah

Gerakan lain yang bisa memperbaiki postur tubuh agak kembali normal adalah dengan melipat tubuh ke bawah. Dilansir dari healthline.com, peregangan berdiri ini melepaskan ketegangan pada tulang belakang, hamstring, dan otot pantat. Selain itu, gerakan yang dilakukan ini juga meregangkan pinggul dan kaki. Saat melakukan peregangan ini, kita harus merasakan seluruh sisi belakang tubuh terbuka dan memanjang.

  1. Wall sit

Gerakan selanjutnya yang bisa mengembalikan postur tubuh menjadi normal adalah melakukan wall sit. Dengan posisi wall sit, otot punggung, otot betis, dan otot kaki akan terlatih. Cara melakukannya, hanya perlu menyandarkan punggung ke arah tembok dengan menekuk kaki seperti seolah-olah duduk. Tahan dalam waktu 30 detik sampai 1 menit.

  1. Plank

Plank juga menjadi salah satu gerakan yang bisa memperbaiki postur tubuh. Dilansir dari Hellosehat.com, melakukan gerakan plank dapat membuat otot-otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan turun. Dalam waktu bersamaan, plank akan mengoreksi tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas dan bahu, leher, serta dada dan otot perut. Selain itu, dengan melakukan gerakan plank juga dapat melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul sebagai pusat gravitasi yang lebih mantap. Bagi pemula, cobalah menahan gerakan plank dalam waktu singkat dulu, misalnya 5 detik.

  1. Side plank

Selain gerakan plank, side plank juga bisa memperbaiki postur tubuh agar kembali normal. Dilansir dari healthline.com, side plank dapat digunakan untuk menjaga keselarasan netral tulang belakang dan kaki. Gerakan yang penuh energi ini melatih otot-otot di lengan dan otot lainnya. Memperkuat dan meluruskan otot-otot ini membantu mendukung punggung dan memperbaiki postur tubuh.

  1. Relaksasi tubuh

Relaksasi tubuh juga menjadi salah satu gerakan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh. Gerakan ini akan menambah tekanan pada tulang belakang. Dengan melakukan gerakan ini tulang, otot dan persendian akan mengalami peregangan. Sehingga dapat menahan tulang punggung dengan baik. Bukan hanya memperbaiki postur tubuh, meditasi dengan posisi seperti ini juga bisa melepaskan hormon stres dari tubuh.

  1. Downward-facing dog

Gerakan terakhir yang direkomendasikan untuk memperbaiki postur tubuh adalah gerakan downward-facing dog. Gerakan ini adalah gerakan ke depan sebagai pose istirahat untuk menyeimbangkan tubuh. Pose “anjing” yang menghadap ke bawah ini dapat melatih semua otot bagian atas, sehingga tubuh bagian atas menjadi kuat.

Selain otot bagian atas, gerakan ini juga dapat meregangkan otot kaki, menguatkan pergelangan tangan dan kaki, menguatkan tulang, dan melancarkan peredaran darah. Posisi ini akan mengalirkan darah ke kepala sehingga bisa mengurangi stres. Apabila melakukan gerakan ini secara rutin makan akan membantu memperbaiki postur tubuh.

KL For GAEKON