Demi Keselamatan Bersama, Perlintasan Antara Stasiun Citayam Dan Stasiun Depok Ditutup Permanen

0

Demi Keselamatan Bersama, Perlintasan Antara Stasiun Citayam Dan Stasiun Depok Ditutup PermanenGaekon.com – Perlintasan kereta api di antara Stasiun Citayam dan Stasiun Depok di Rawa Geni, Depok kini ditutup permanen.

Seperti yang diketahui sebelumnya, di perlintasan tersebut terjadi kecelakaan kereta api antara KRL KA 1077 jurusan Bogor-Jakarta Kota dengan mobil.

Perlintasan sebidang itu disebut akses jalan ilegal. Pemerhati masalah transportasi dan hukum, Budiyanto mengatakan kecelakaan lalu-lintas pada perlintasan sebidang masih sering terjadi.

“Kecelakaan lalu lintas pada perlintasan sebidang antara KA dan jalan dapat ditekan sepanjang ada komitmen yang kuat dari pemangku kepentingan dibidangnya. Melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara benar dan proporsional sesuai dengan apa yang sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan,” katanya.

Menurut Budiyanto proses penyidikan pada kasus kecelakaan di perlintasan sebidang jangan hanya berkutat pada pengemudi kendaraan bermotor dan pihak penyelenggara perkeretaapian yaitu PT KAI.

“Tapi harus lebih komprehensif menyentuh kepada para pihak yang ikut bertanggung jawab secara proporsional,” katanya.

Dalam Undang-Undang Perkeretaapian No 23 tahun 2007 dan aturan pelaksanaan menurut Budiyanto tertera perlintasan kereta api dibuat tidak sebidang.

Pengecualian dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan keamanan dan kelancaran perjalanan Kereta Api dan pengguna jalan yang lain.

“Siapa yang bertanggung jawab untuk menutup perlintasan liar adalah menjadi tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kapasitas kelas jalan,” katanya.

D For GAEKON