Persebaya Pertimbangkan Ulang Rekrut Frank Rikhard

0

Surabaya – Manajemen Persebaya Surabaya sedang mempertimbangkan kembali rencana mereka untuk merekrut mantan bek kiri Perseta Tulungagung, Frank Rikhard. Pasalnya, pemain asal Papua itu masih menjalani masa hukuman dari Komite Disiplin (Komdis) Asprov PSSI Jatim setelah terbukti melakukan aksi kekerasan kepada wasit.

Baca juga : Uji Coba Lawan Sabah FA, Momen Menguji Sektor Pertahanan Persebaya

Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhannudin mengatakan pada GAEKON, bahwa aksi kekerasan Frank Rikhard dilakukan saat kompetisi liga 3 musim lalu, yang mempertemukan Perseta Tulungagung versus Putra Sinar Giri di Stadion Joko Samudro Gresik, (23/12/2019).

“Pemain bernama Frank Rikhard terbukti melakukan tindakan tidak sportif, respect dan fair play berupa mendatangi wasit, melakukan protes dengan cara mendorong wasit dan setelah selesai pertandingan memukul wasit dan diperkuat dengan bukti yang cukup,” ujar Amir, Rabu (29/1).

Atas tindakannya itu, pemain yang sedang menjalani trial bersama Persebaya itu harus menanggung larangan beraktivitas dalam kegiatan sepakbola selama 12 bulan. Periode hukuman yang harus dijalani Rikhard berlaku mulai Desember 2019 hingga Desember 2020.

“Pasal 50 ayat (1) b kode disiplin dihukum larangan beraktivitas dalam kegiatan sepak bola di lingkungan PSSI selama 12 bulan karena telah terjadi pelanggaran. Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman lebih berat,” tutup Amir.

Untuk posisi bek kiri, Nasir, pemain baru Persebaya mengatakan bakal ada persaingan ketat mengisi posisi tersebut. Sebelumnya posisi itu ditempati kapten Persebaya, Ruben Sanadi.

Setelah Ruben keluar, masih belum ada pengganti yang sepadan untuk posisi itu. Yang ada hanya pemain muda seperti Koko Ari Araya. Frank Rikhard yang direncanakan akan menjadi bek kiri juga masih menjalani trial dan belum menandatangani kontrak dengan Tim Bajul Ijo.

“Saya juga lihat, persaingan di sana akan cukup berat. Otomatis, pemain yang akan mengisi posisi itu harus bisa bermain sebagus Kapten (Ruben Sanadi),” kata Nasir seusai latihan di Lapangan Jenggolo, Rabu (29/1).

Mantan pemain Arema FC ini berjanji akan memberikan penampilan terbaiknya menjelang dimulainya kompetisi Liga 1 2020 pada 29 Februari mendatang.

W For GAEKON