Sepakat Gelar Putaran Kedua, Perundingan Rusia Dan Ukraina Berakhir

0

Sepakat Gelar Putaran Kedua, Perundingan Rusia Dan Ukraina BerakhirGaekon.com – Perundingan penyelesaian situasi di Ukraina telah berakhir. Kini para pihak sepakat untuk menggelar putaran kedua.

Melansir dari Kompas, perundingan tentang penyelesaian situasi di Ukraina itu antara delegasi Moskow dan Kiev.

Ketua Delegasi Rusia Vladimir Medinsky seusai perundingan mengatakan, peserta dari Rusia dan Ukraina menjalani seluruh agenda perundingan secara rinci.

Menurutnya, kedua pihak menemukan poin-poin bersama, yang memungkinkan Rusia dan Ukraina untuk memprediksi posisi bersama antara kedua belah pihak.

Penasihat Kepala Kantor Presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan, para pihak mengidentifikasi topik prioritas yang akan menguraikan keputusan spesifik.

“Delegasi Ukraina dan Rusia mengadakan negosiasi putaran pertama. Tujuan utama (perundingan) adalah membahas gencatan senjata dan akhir aksi pertempuran di wilayah Ukraina. Para pihak (berhasil) menentukan topik di mana keputusan sudah dapat terpetakan,” kata Podolyak.

Podolyak juga menerangkan, agar keputusan ini dapat diimplementasikan sebagai roadmap, para pihak kembali untuk berkonsultasi ke ibu kota masing-masing.

“Para pihak berdiskusi (dan sepakat) mengadakan putaran negosiasi lagi di mana keputusan ini dapat dikembangkan,” terangnya.

Untuk Ukraina, tujuan utama pertemuan itu adalah untuk membahas gencatan senjata, penasihat kepala kantor kepresidenan menekankan. Masing-masing delegasi akan segera kembali ke ibu kota mereka untuk konsultasi.

Rusia selama ini menekankan, penyelesaian situasi Ukraina adalah mungkin hanya dengan pertimbangan tanpa syarat kepentingan sah Rusia di bidang keamanan, seperti pengakuan kedaulatan Rusia atas Krimea, demiliterisasi dan denazifikasi negara ukraina, serta memastikan status netral Ukraina.

D For GAEKON