Pesawat Kepresidenan Berubah Jadi Merah Putih, Warganet Heboh Dengan Biaya Cat Ulang Capai Rp 2 Miliar

0

Pesawat Kepresidenan Berubah Jadi Merah Putih, Warganet Heboh Dengan Biaya Cat Ulang Capai Rp 2 MiliarGaekon.com – Pesawat kepresidenan kini berubah warna menjadi merah dan putih. Perubahan warna pesawat ini sempat hebohkan warganet.

Mereka heboh, lantaran biaya mengecat ulang pesawat pasti membutuhkan dana yang cukup banyak. Seperti yang dilansir GAEKON dari Suara.com, pesawat tersebut awalnya berwarna putih dan biru, kini berubah menjadi merah dan putih bak bendera Indonesia.

Biaya Jasa Cat Pesawat Setara 1,4 Sampai 2 Miliar Rupiah

Menurut Pengamat Penerbangan, Alvin Lie biaya jasa cat pesawat nilainya cukup fantastis. Alvin memperkirakan biaya cat ulang pesawat dengan tipe Boeing 737-800 sebesar 100 – 150 ribu dolar AS atau setara Rp 1,4 – Rp 2 miliar.

Masyarakat yang mengetahui perkiraan biaya tersebut sontak emosi. Bahkan Alvin menilai bahwa pemerintah berfoya-foya ditengah kesulitan pandemi.

“Hari gini masih aja foya-foya ubah warna pesawat Kepresidenan,” ujar Alvin di akun twitter pribadinya @Alvinlie.

Sebelumnya, kabar pengecatan ulang pesawat kepresidenan itu dikonfirmasi oleh Kepala Staf Kepresidenan Heru Budi Hartono.

“Benar, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 atau Pesawat BBJ 2 telah dilakukan pengecatan ulang,” ujar Budi, Selasa (3/8).

Budi menjelaskan bahwa rencana pengecatan ulang itu telah direncanakan sejak tahun 2019, terkait dengan perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 2020.

Proses pengecatan ulang ini satu paket dengan Heli Super Puma dan Pesawat RJ. Namun, pada 2019 pesawat BBJ 2 belum memasuki jadwal perawatan rutin. Sehingga Heli Super Puma dan pesawat RJ terlebih dahulu yang dicat ulang.

D For GAEKON