Pihak Keluarga Rizieq Akan Mengajukan Penangguhan Penahanan

0

Pihak Keluarga Rizieq Akan Mengajukan Penangguhan PenahananGaekon.com – Kuasa Hukum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menyebutkan, bahwa pihaknya akan mengajukan penangguhan penahanan untuk Rizieq Shihab.

“Pihak keluarga pastinya (yang mengajukan penangguhan penahanan),” kata Aziz di Polda Metro Jaya, Minggu (13/12/2020) petang.

Selain itu, dirinya juga mengatakan, bahwa pihaknya juga telah mengadakan komunikasi dengan beberapa Anggota Komisi III DPR.

“Insya Allah dari lintas fraksi akan bersedia menjadi penjamin, dikoordinasi oleh salah satu orang dari Komisi III DPR,” ucap dia.

Pada saat ditanya, apakah yang mengoordinasi adalah anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Alhabsyi, dirinya pun membenarkan.

“Iya, Aboe Bakar Alhabsyi dan kawan-kawan,” kata Aziz.

Dirinya juga menyebut, bahwa pengajuan penangguhan penahanan akan diberikan pada Senin (14/12/2020). Sementara itu, FPI sebelumnya juga berencana mengajukan gugatan praperadilan. Bahkan Pengacara Rizieq, Alamsyah Hanafiah, membenarkan hal itu.

“Yang jelas, praperadilan akan kami lakukan,” kata Alamsyah di Mapolda Metro Jaya, Minggu dini hari, sebagaimana dilaporkan Kompas TV.

Sebelumnya diketahui bahwa Rizieq Shihab ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya terhitung sejak Sabtu kemarin hingga 31 Desember ini. Selain itu Pimpinan FPI itu ditahan sebagai tersangka kasus kerumunan masa di tengah pandemi Covid-19 di Petamburan, Jakarta Pusat, pada 14 November lalu.

“Tersangka MRS kami tahan mulai tanggal 12 Desember 2020, (untuk) 20 hari ke depan. Jadi sampai tanggal 31 Desember 2020,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, Minggu dini hari.

Argo menjelaskan, ada sejumlah alasan obyektif dan subyektif yang melandasi dari penahanan Rizieq.

“Alasan obyektif karena ada ancaman pidana di atas lima tahun, dan alasan subyektif agar tersangka tidak melarikan diri, tersangka tidak menghilangkan barang bukti, dan yang ketiga tidak mengulangi perbuatannya, dan untuk mempermudah proses penyidikan,” ujar Argo.

Z For GAEKON