Pindah Ke IKN, PNS Bakal Jadi Pegawai Badan Otorita

0

Pindah Ke IKN, PNS Bakal Jadi Pegawai Badan OtoritaGaekon.com – PNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang ikut pindah ke ibu kota baru, bakal beralih status menjadi pegawai Otorita Ibu Kota Nusantara.

Melansir dari Kumparan, Presiden Jokowi telah menetapkan Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2022 tentang Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

Beleid yang memuat 35 pasal ini mengatur mengenai status IKN Nusantara sebagai daerah dengan otorita khusus. Dalam salinan perpres yang diterima Kumparan, Rabu (4/5), selain mengatur keberadaan kepala dan wakil kepala otorita IKN, aturan yang ditetapkan Jokowi pada 18 April 2022 ini juga mengatur status PNS yang dipindah ke ibu kota baru.

“Dalam rangka efektivitas pelaksanaan persiapan, pembangunan, dan pemindahan ibu kota negara, serta penyelenggaraan pemerintah daerah khusus ibu kota Nusantara, unsur dalam perangkat Otorita Ibu Kota Nusantara dalam pasal 4 ayat 4 diisi oleh Pegawai ASN,” bunyi pasal 5 beleid tersebut.

Namun jika masa penugasan berakhir sebelum memasuki usia pensiun, maka PNS yang bersangkutan bisa kembali ke instansi masing-masing sebelum dipindah ke IKN.

Kemudian untuk PPPK akan mendapatkan hak-hak kepegawaian sesuai peraturan perundang-undangan saat diberhentikan dengan hormat sewaktu masa kerja berakhir.

PPPK sendiri diangkat dan diberhentikan oleh Kepala Otorita IKN, dengan masa penugasan 5 tahun dan dapat diperpanjang 1 kali sampai 5 tahun sesuai kebutuhan otorita IKN Nusantara.

D For GAEKON