Polisi Bongkar Kasus Pencurian Di Area Tambang Freeport

0

Polisi Bongkar Kasus Pencurian Di Area Tambang FreeportGaekon.com – Polisi membongkar kasus pencurian konsentrat di Mile 74, area tambang Freeport, usai pihak PT Freeport Indonesia melaporkan kasus tersebut pada 19 Februari 2022.

Melansir dari Kompas, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Mimika Iptu Berthu Harydika Eka Anwar mengatakan bahwa kasus ini bermula dari unggahan istri tersangka di media sosial.

“Salah satu istri tersangka mengunggah memiliki rumah, kendaraan, dan harta benda lainnya di kota kelahirannya melalui aplikasi TikTok,” kata Berthu.

Unggahan tersebut menimbulkan kecurigaan lantaran sang suami belum lama bekerja. Menurut keterangan Berthu, tersangka baru bekerja selama lima tahun.

“Ada ketidakwajaran di mana suaminya bekerja belum lima tahun, namun sudah kaya, sehingga dilaporkan ke pihak manajemen Freeport,” ujarnya.

Pada 19 Februari 2022, PT Freeport Indonesia akhirnya melaporkan kasus tersebut ke Kepolisian Sektor (Polsek) Tembagapura. Penanganan kasus tersebut dilimpahkan ke Satreskrim Polres Mimika.

Polisi Menetapkan 5 Tersangka

Polisi melakukan penyelidikan dan menetapkan lima tersangka dalam kasus ini. Bahkan oknum karyawan hingga sekuriti pun ternyata diketahui terlibat. Mereka adalah RS, BW, PKP, A dan A.

“Dari lima orang ini, ada tiga orang karyawan kontraktor Freeport termasuk satu oknum sekuriti dan dua orang lainnya murni karyawan Freeport,” ujarnya.

Polisi masih memburu anggota komplotan lainnya yang belum tertangkap. Berdasarkan pemeriksaan, komplotan pencuri tersebut telah melakukan aksinya selama dua tahun atau sejak tahun 2020.

“Mereka melakukan pencurian di tahun 2020 dan baru ketahuan di tahun 2022. Jadi mereka ini adalah sindikat karena masing-masing miliki peranan,” katanya.

Ada yang melakukan perencanaan, bertugas menjaga dan mengawasi. Kemudian ada pula yang bertugas mengambil konsentrat serta menjual pada pihak lain. Lima tersangka itu juga telah mengakui perbuatan hingga peranannya.

D For GAEKON