Picu Kerumunan, Polisi Pengawal Selebgram Herlin Kenza Akan Dijatuhi Sanksi

0

Picu Kerumunan, Polisi Pengawal Selebgram Herlin Kenza Akan Dijatuhi SanksiGaekon.com – Selebgram, Herlin Kenza yang diduga memicu kerumunan di wilayah Lhokseumawe, Aceh beberapa waktu lalu kini dipanggil polisi. Sementara itu, anggota polisi yang ikut mengawal akan dikenai sanksi.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Polda Aceh akan memberi sanksi terhadap anggotanya yang mengawal perjalanan Herlin Kenza. Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Winardy mengatakan bahwa anggota polisi yang mengawal tersebut telah diperiksa.

“Anggota dari Polri itu sudah kami periksa oleh Propam (Profesi dan Pengamanan) Polres dengan supervisi dari Propam Polda. Anggota akan kami sanksi,” kata Winardy.

Dua anggota yang turut mengawal perjalanan Selebgram tersebut berasal dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dan menggunakan mobil Patwal.

“Dua orang (anggota) di mobil Patwal lantas,” tambahnya.

Sejauh ini, polisi masih menyelidiki dan mendalami dugaan pelanggaran pidana dalam peristiwa kerumunan di tengah pandemi Covid-19 tersebut.

Selebgram Dipanggil Karena Diduga Melanggar Aturan PPKM

Pihak polisi juga akan segera memanggil Herlin. Winardy mengatakan bahwa pemanggilan tersebut dilakukan lantaran selebgram yang bersangkutan diduga melanggar aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di tengah pandemi Covid-19.

“Videonya sudah viral dan menimbulkan keresahan. Yang bersangkutan juga akan segera diperiksa terkait kerumunan itu,” kata Winardy.

Sebelumnya, polisi juga telah memeriksa pemilik toko grosir, Wulan Kokula yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. Pemilik toko berpeluang dikenakan Pasal 93 undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2018 Jo pasal 55 KUHP tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Kerumunan diduga dipicu oleh kegiatan pemberian hadiah yang diselenggarakan oleh pemilik toko pada Jumat (16/7). Salah satu syaratnya ialah hadir di lokasi sekitar jam 2 siang. Dalam poster kegiatan disebutkan bahwa Selebgram Herlin Kenza akan turut hadir untuk memeriahkan acara.

D For GAEKON