PPKM Diperpanjang Hingga 30 Agustus, Begini Aturan Barunya!

0

PPKM Diperpanjang Hingga 30 Agustus, Begini Aturan Barunya!Gaekon.com – Pemerintah kembali memutuskan bahwa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 4, 3, dan 2 di Pulau Jawa dan Bali diperpanjang hingga 30 Agustus 2021.

Menurut keterangan Presiden Joko Widodo pemerintah memutuskan menurunkan level PPKM dari 4 ke 3 di sejumlah daerah.

Pada perpanjangan PPKM ini, pemerintah masih menetapkan pembatasan aktivitas masyarakat. Baik di kantor, mal, kafe atau restoran hingga lokasi ibadah.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan beberapa penyesuaian pengaturan di PPKM Level 4 di luar Jawa-Bali.

Untuk tempat kerja atau perkantoran dapat menerapkan Work From Office dengan kapasitas maksimum 25 persen dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Namun apabila terjadi kalster, maka tempat kerja maupun kantor yang bersangkutan tersebut harus ditutup selama lima hari.

Kemudian untuk restoran atau kafe diperbolehkan makan di tempat dengan kapasitas 25 persen atau 2 orang per meja. Jam operasional setiap tempat makan tersebut dibatasi sampai pukul 20.00.

Untuk mal diperbolehkan beroperasi sampai pukul 20.00 dengan maksimum kapasitas 50 persen dan prokes ketat.

Sementara untuk tempat wisata diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas 25 persen dan prokes ketat, fasilitas umum juga 25 persen.

“Kegiatan seni budaya, olahraga 25 persen dari kapasitas maksimum, resepsi maksimum 30 orang dan ini diharapkan juga dibatasi terkait dengan hajatan,” tutur Airlangga.

Kemudian untuk tempat ibadah diperkenankan dengan kapasitas 25 persen atau maksimum 30 orang. Kemudian industri berorientasi ekspor dapat beroperasi 100 persen serta sektor penunjangnya, dan apabila terjadi klaster baru akan ditutup 5 hari.

D For GAEKON