PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 6 September, Berikut 27 Daerah Berstatus Level 2

0

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 6 September, Berikut 27 Daerah Berstatus Level 2Gaekon.com – PPKM Jawa dan Bali kembali diperpanjang. Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa PPKM level 3 dan 4 Jawa dan Bali diperpanjang mulai 31 Agustus hingga 6 September 2021.

“Pemerintah memutuskan (perpanjangan PPKM) mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September,” kata Jokowi dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8).

Berdasarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, saat ini jumlah daerah berstatus level 2 naik menjadi 27 kabupaten/kota. Berikut 27 kabupaten/kota di empat provinsi berstatus level 2:

  1. Banten: Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak.
  2. Jawa Barat: Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut.
  3. Jawa Tengah: Kabupaten Rembang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Batang, Kabupaten Demak.
  4. Jawa Timur: Kabupaten Tuban, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Pamekasan, Kota Pasuruan.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, menurut pedoman organisasi kesehatan dunia (WHO) ada kriteria tertentu yang menyebabkan suatu daerah masuk kategori level 2.

Kriteria tersebut diantaranya angka kasus positif Covid-19 antara 20 dan kurang dari 50 orang per 100.000 penduduk per minggu.

Jumlah rawat inap di rumah sakit antara lima hingga kurang dari 10 orang per 100.000 penduduk per minggu. Selain itu jumlah angka kematian kurang dari dua orang per 100.000 penduduk di daerah itu.

Jokowi juga menyampaikan bahwa Wilayah Solo Raya dan Malang raya PPKM menjadi PPKM level 3. Wilayah aglomerasi yang masuk dalam PPKM level 3 adalah Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya raya, Malang raya dan Solo raya.

“Untuk Semarang raya berhasil turun ke level 2. Sehingga secara keseluruhan di Jawa-Bali ada perkembangan cukup baik,” ucapnya.

D For GAEKON