PPKM Level 4 Diperpanjang Lagi, Masuk Mal Harus Sudah Divaksin

0

PPKM Level 4 Diperpanjang Lagi, Masuk Mal Harus Sudah DivaksinGaekon.com – PPKM Level 4 untuk Pulau Jawa – Bali resmi diperpanjang lagi hingga Senin 16 Agustus 2021. Perpanjangan tersebut masih diperlukan mengingat penyebaran Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali masih terbilang tinggi.

Hal ini diungkapkan Menko Marves sekaligus Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya, penyebaran covid-19 di Pulau Jawa dan Bali masih terbilang tinggi dalam sepekan terakhir.

“Atas arahan Presiden RI, maka PPKM level 4, 3 dan 2 di Pulau Jawa dan Bali akan diperpanjang sampai 16 Agustus 2021,” kata Luhut.

Pengaturan PPKM Jawa dan Bali diperpanjang dari tanggal 10 sampai dengan 16 Agustus 2021, sementara untuk luar Jawa dan Bali diperpanjang tanggal 10 sampai dengan 23 Agustus 2021.

Luhut mengatakan bahwa penjelasan teknis serta aturan-aturan yang diberlakukan, akan dimaktubkan dalam instruksi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Luhut menjelaskan bahwa pada perpanjangan kali ini, pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan secara gradual di wilayah PPKM Level 4 dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal akan dilakukan di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang,” jelas dia.

Hanya pengunjung yang sudah divaksinasi dapat masuk ke mal dan harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sementara anak usia di bawah 12 tahun dan lebih dari 70 tahun akan dilarang untuk masuk ke dalam mal atau pusat perbelanjaan.

Luhut menuturkan, mal di empat wilayah tersebut dibuka dengan kapasitas 25 persen selama sepekan ke depan.

Sementara untuk di tempat ibadah, kabupaten atau kota di wilayah level 4 pada perpanjangan kali ini dapat melakukan ibadah dengan kapasitas maksimum 25 persen atau maksimal 20 orang.

D For GAEKON