PPKM Tak Efektif, Jokowi Minta Februari Dikepung Vaksinasi

0

PPKM Tak Efektif, Jokowi Minta Februari Dikepung VaksinasiGaekon.com – Presiden Jokowi menilai penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) periode 11 Januari hingga 25 Januari di Jawa dan Bali tidak berjalan efektif.

“Saya ingin menyampaikan yang berkaitan dengan PPKM tanggal 11 Januari sampai 25 Januari, kita harus ngomong apa adanya, ini tak efektif,” kata Jokowi.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan masih tingginya angka penularan Covid-19. Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, menurut Jokowi, implementasi di lapangan, mobilitas masyarakat masih tinggi meski ada penerapan PPKM. Padahal, esensi PPKM sendiri adalah membatasi mobilitas masyarakat.

“Namanya saja kan pembatasan kegiatan masyarakat. Tetapi yang saya lihat implementasinya kita tidak tegas dan tidak konsisten,” tegas Jokowi.

Jokowi kemudian menyinggung masalah vaksinasi dalam ratas. Pemerintah sudah memulai vaksinasi COVID-19 secara serentak sejak 14 Januari lalu. Dalam vaksinasi tahap awal, difokuskan menyasar para tenaga kesehatan.

“Kita harapan di Februari ini kita kepung dengan vaksinasi. Saya ingin dengar implementasinya di lapangannya,” kata Jokowi.

Hanya saja, terkait vaksinasi ini Jokowi belum memberikan rincian lebih lanjut. Namun Menkes Budi Gunadi Sadikin telah menargetkan sebanyak 1,5 juta tenaga kesehatan disuntik vaksin corona Sinovac hingga akhir Februari.

“Sampai tadi jam 10-an, sudah 500 ribu lebih yang sudah kita vaksinasi dan pernah sampai yang tertinggi hari Kamis (28/1) itu sampai 78 ribu. Ini naik terus mulai dari awal dengan segala kesulitan di awal-awal. Tapi sekarang sudah bisa hampir 80 ribu sehari, minggu depan semoga bisa 100 ribu sehari,” ujar Menkes Budi.

Jokowi kemudian meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ikut membantu penerapan PPKM periode 26 Januari hingga 8 Februari mendatang.

Sebab Jokowi menilai penerapan PPKM di lapangan tidak berjalan maksimal. Sehingga ia meminta pengawasan terhadap masyarakat semakin digalakkan.

“Saya ingin dengar implementasi di lapangan, nanti Kemenag libatkan tokoh agama, TNI seperti apa dan Polri seperti apa teknisnya dan Pak Menko (Luhut) nanti bisa menggaet agar di lapangan bisa terjadi (disiplin),” kata Jokowi.

D For GAEKON