Prabowo Akan Belanja Alutsista 36 Jet Tempur Jenis Rafale

0

Prabowo Akan Belanja Alutsista 36 Jet Tempur Jenis RafaleGaekon.com – Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto berencana akan menjalin kerja sama dengan Prancis untuk pengadaan 36 jet tempur multiperan jenis Rafale.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Airspace Review memberitakan, Kemhan telah menandatangani kontrak awal dengan Dassault Aviation, pabrik pembuat jet tempur Rafale di Prancis.

Kedua belah pihak telah menandatangani pada tanggal 7 Juni 2021, dan akan mulai berlaku pada Desember 2021.

Kontrak ‘Come Into Force’ ini bakal menjadi dasar menuju Kontrak Efektif, setelah semua kesepakatan antara Indonesia dan Prancis tercapai dan Indonesia membayar uang muka pembelian 36 Rafale.

Rencana Prabowo melakukan pembelian alutsista besar-besaran ini terlihat dari bocornya usulan anggaran Rp 1.750 triliun untuk pengadaan alat pertahanan dan keamanan (Alpahankam).

Selain jet tempur, sebelumnya Prabowo juga telah memulai kesepakatan pembelian 8 kapal perang dengan Italia.

Salah satu perusahaan pembuat kapal asal Italia, Fincantieri, mengaku telah menandatangani kontrak kerja sama pengadaan kapal perang dengan pemerintah Indonesia.

Fincantieri menulis kontrak tersebut untuk pengadaan 6 Frigat kelas FREMM, modernisasi 2 Frigat kelas Maestrale berikut dengan dukungan logistik terkait.

CEO Fincantieri, Giuseppe Bono, menyambut baik kerja sama pengadaan alutsista tersebut. Hal ini ia anggap sebagai preseden baik yang mengangkat nama Italia di sektor perkapalan.

D For GAEKON