Prancis Akan Berikan 3 Juta Dosis Vaksin Untuk Indonesia, Pengiriman Pertama Mulai Akhir Agustus

0

Prancis Akan Berikan 3 Juta Dosis Vaksin Untuk Indonesia, Pengiriman Pertama Mulai Akhir AgustusGaekon.com – Indonesia akan mendapat bantuan 3 juta dosis vaksin Covid-19 dari Prancis. Hal ini dikonfirmasi oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Retno Mengatakan bahwa bantuan dari Prancis itu datang setelah ia dan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian berkomunikasi via telepon pada 22 Juli lalu.

“Sebagai tindak lanjut komunikasi saya dengan Menlu Prancis 22 Juli lalu, hari ini saya dapat informasi dari Paris bahwa pemerintah Prancis memutuskan memberikan dukungan vaksin 3 juta dosis kepada Indonesia,” kata Retno.

Pengiriman Pertama Vaksin Dari Prancis Akhir Agustus

Namun Retno tak menjelaskan secara rinci terkait jenis vaksin yang akan diberikan Prancis tersebut. Retno mengungkapkan bahwa pengiriman pertama sebesar 1,3 juta dosis vaksin akan dikirimkan akhir Agustus mendatang.

“Saya ingin apresiasi dan memberikan penghargaan terhadap pemerintah Prancis atas dukungan ini,” kata Retno.

Tak hanya Prancis, sejumlah negara juga telah memberikan bantuan vaksin dan alat kesehatan pendukung penanganan Covid-19 untuk Indonesia.

Seperti diantaranya Inggris akan menyumbangkan vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Indonesia. Australia, Jepang, dan Singapura juga telah menyatakan komitmen mereka untuk memberi bantuan penanganan Covid-19 bagi Indonesia.

Selain itu, Amerika Serikat telah menyumbangkan 8 juta dosis vaksin Moderna melalui mekanisme kerja sama dose-sharing vaksiN COVAX Facility. Selain vaksin, AS juga berencana memberikan bantuan tambahan senilai US$30 juta atau Rp430 miliar untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. Bantuan senilai ratusan miliar itu berupa peralatan oksigen, obat-obatan dan alat kesehatan lainnya.

D For GAEKON