Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin Bertemu Bahas Apa?

0

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin Bertemu Bahas Apa?Gaekon.com – Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Senin (21/12/2020) hari ini. Terkait pertemuan tersebut, dibenarkan oleh Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi. Menurutnya, dalam pertemuan itu Jokowi dan Ma’ruf membahas isu-isu strategis yang tengah berkembang.

“Biasanya memang terkait dengan hal-hal yang isu-isu strategis. Kalau urusannya apa saat ini saya tidak diberi tahu oleh Wapres, cuma memang betul bicara empat mata (membahas) isu-isu strategis,” kata Masduki, Senin (21/12/2020) seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Pada saat ditanya soal kemungkinan dibahasnya reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju dalam pertemuan Jokowi-Ma’ruf, dirinya juga tidak bisa memastikan. Namun, hal hal tersebut bisa menjadi pembahasan.

“Tidak menutup kemungkinan (dibahas isu reshuffle), kemungkinannya apa bisa apa saja,” ujarnya.

Dirinya menyebut, pertemuan empat mata antara Jokowi dan Ma’ruf sejatinya kerap dilakukan. Pertemuan tersebut terjadi kadang kala atas inisiatif Presiden, terkadang juga atas keinginan Wapres. Ia menambahkan, hanya saja pertemuan tersebut seringkali kali tak terungkap ke publik.

“Makanya saya kadang-kadang ketawa ketika dianggap Wapres nggak pernah diajak, nggak pernah apa, padahal diajak terus. Cuma kita nggak pernah ngomong. Ini buktinya bahwa selama ini Wapres itu selalu begitu,” kata Masduki.

Adapun, sebagaimana dilihat dari situs resmi Wapres RI, pertemuan antara Jokowi dan Ma’ruf Amin dijadwalkan digelar pada Senin (21/12/2020) pukul 10.00-13.30 WIB di Istana Merdeka, Jakarta. Isu tentang reshuffle kabinet Indonesia Maju sendiri mengemuka sejak dua menteri Jokowi ditetapkan tersangka oleh KPK, yakni Menteri Sosial Juliari Batubara serta Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Menanggapi hal tersebut, menurut Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin menyebut, pelaksanaan reshuffle belum dapat dipastikan. Menurutnya, rencana itu hanya diketahui Presiden Joko Widodo sebagai pihak yang berwenang.

“Hanya Tuhan dan Pak Jokowi yang tahu, karena otoritas yang diberikan kepada Presiden itu kan begitu,” kata Ngabalin kepada Kompas.com, Senin (21/12/2020).

Z For GAEKON