Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Kerjasama ASEAN dan RTT

0

Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Kerjasama ASEAN dan RTTGaekon.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong penguatan kolaborasi antara Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menjelang tiga dekade kemitraan kedua pihak pada 2021.

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut di Istana Kepresidenan Bogor pada saat memberikan pidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-23 ASEAN-RRT secara virtual.

“Saya ingin sampaikan tiga hal yang dapat kita lakukan agar segera bisa keluar dari pandemi dan memulihkan ekonomi. Pertama, transformasi kerja sama ekonomi berbasis digital,” katanya Kamis (12/11/2020) dikutip dari Antara.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mendorong pada peningkatan kerjasama dengan kedua pihak untuk meraih lebih banyak peningkatan. Hal ini dikarenakan agar negara-negara di kawasan dapat segera keluar dari dampak pandemi dan segera memulihkan ekonomi negaranya.

Jokowi juga menilai bahwa ada beberapa cara transformasi ekonomi menuju ekonomi berbasis digital. Menurutnya, hal tersebut saat ini merupakan hal krusial yang harus dilakukan agar persoalan ekonomi dan kesehatan dapat berjalan secara seimbang.

“Tahun 2020 adalah tahun kerja sama ekonomi digital ASEAN-RRT. Sebagai pemimpin global ekonomi digital dan rumah bagi sepertiga unicorn dunia, antara lain Baidu, Alibaba, dan Tencent, RRT adalah mitra strategis bagi ASEAN,” ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi juga yakin bahwa ASEAN mampu melakukan sejumlah transformasi ekonomi, melalui berbagai kerja sama digital dengan mitranya.

“Saya mengapresiasi komitmen RRT untuk berpartisipasi dalam COVID-19 Vaccines Global Access (COVAX) dan menjadikan vaksin sebagai barang publik global. Kita harus bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan obat-obatan dan vaksin Covid-19 di Kawasan,” tuturnya.

Z For GAEKON