Presiden Jokowi Siap Disuntik Vaksin CoronaVac Besok

0

Presiden Jokowi Siap Disuntik Vaksin CoronaVac BesokGaekon.com – Presiden Joko Widodo rencananya akan disuntik vaksin CoronaVac buatan Sinovac Biotech Ltd besok (13/1). Hal ini sebagai tanda mulainya vaksinasi serentak.

Kepala BPOM Penny Lukito menerangkan bahwa pihak BPOM telah mengeluarkan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat vaksin Sinovac.

Hal ini menandakan bahwa vaksinasi bisa dimulai. Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Dalam jumpa pers virtual, Penny Lukito didampingi oleh WHO representative Indonesia, Ketua ITAGI Prof dr Sri Rezeki, Ketua Umum IDI dr Daeng Muhammad Faqih, Ketua MUI Komisi Fatwa dan Urusan Halal Asrorun Niam, Dirut Bio Farma Honesti Basyir dan anggota Komisi Nasional Obat.

“Memberikan persetujuan EUA dalam kedaruratan untuk vaksin Covid-19 CoronaVac dari Sinovac,” kata Penny.

Penny juga mengatakan bahwa Efikasi dari vaksin Sinovac berdasarkan uji klinis di Bandung adalah 65,3 persen. Sementara imunogesitasnya 99 persen setelah 3 bulan.

“Pada Senin 11 Januari 2021, BPOM memberikan persetujuan EUA bagi vaksin Covid-19 yg pertama kali kepada Sinovac yang bekerja sama dengan PT Bio Farma,” tambah Penny.

Selain BPOM, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah memberikan fatwa kehalalan bagi vaksin Sinovac. Vaksinasi diharapkan dapat menekan angka penularan Covid-19 dan mengakhiri masa pandemi Covid-19.

KL For GAEKON