Presiden Pertama Ukraina Leonid Kravchuk Meninggal Dunia Di Usia 88 Tahun

0

Presiden Pertama Ukraina Leonid Kravchuk Meninggal Dunia Di Usia 88 TahunGaekon.com – Presiden pertama Ukraina Leonid Kravchuk meninggal dunia di usia 88 tahun, pada Selasa (10/5) waktu setempat.

Kabar duka ini dikonfirmasi oleh Kepala Kantor Kepresidenan Andriy Yermak melalui media sosial telegram.

Leonid Sempat Operasi Jantung Tahun Lalu

Meski demikian, dalam keterangan tersebut tak dituliskan penyebab kematian Kravchuk. Kondisi kesehatan Kravchuk sendiri memburuk setelah menjalani operasi jantung tahun lalu.

Sebelumnya, Kravchuk memimpin Ukraina sebagai bos Partai Komunis pada tahun-tahun keruntuhan Uni Soviet.

Ia menjabat sebagai presiden Ukraina dari 1991 hingga 1994. Ia menjadi kekuatan pendorong dalam deklarasi kemerdekaan Ukraina dari Uni Soviet pada 1991.

Kala itu, ia bergabung dengan para pemimpin Rusia dan Belarus untuk menandatangani perjanjian pembubaran Uni Soviet pada 8 Desember 1991.

Saat menjabat presiden, Kravchuk setuju untuk mentransfer sisa senjata nuklir Soviet di wilayah Ukraina ke kendali Rusia dalam kesepakatan yang didukung oleh Amerika Serikat. Kemudian, ia kalah dalam pemilihan presiden 1994 dari mantan perdana menteri Leonid Kuchma.

Pada 2020 lalu, ia kembali ke politik untuk mencoba merundingkan penyelesaian sebagai bagian dari “kelompok kontak” untuk konflik di Ukraina timur, di mana separatis yang didukung Rusia telah memerangi pasukan Ukraina sejak 2014.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov menulis di akun Twitternya bahwa tanda tangan Kravchuk pada perjanjian pembubaran Uni Soviet membuat “kekaisaran jahat hancur.”

D For GAEKON