Pria Asal Purwokerto Ajukan Kasasi, Gara-Gara Permohonan Ganti Kelamin Ditolak

0

Pria Asal Purwokerto Ajukan Kasasi, Gara-Gara Permohonan Ganti Kelamin DitolakGaekon.com – Warga Desa Jipang, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Faqih Al Amien kini tengah memperjuangkan haknya dengan jenis kelamin barunya.

Melansir dari suarajawatengah.id, Faqih ingin berganti nama menjadi Assyifa Icha Khairunnisa (29). Pada 26 April 2022, melalui kuasa hukumnya, Djoko Susanto, Faqih telah mengajukan permohonan ganti jenis kelamin.

Namun permohonan tersebut ditolak oleh hakim Pengadilan Negeri Purwokerto. Faqih kemudian mengajukan kasasi ke tingkat Mahkamah Agung (MA).

“Lantaran penolakan tersebut, Faqih yang saat ini bernama Assyifa Icha Khairunnisa akhirnya mengajukan kasasi ke tingkat Mahkamah Agung (MA), pada Senin (9/5) kemarin,” kata Djoko.

Akan Terus Berjuang Walau Harus Lewat Kasasi

Menurutnya, keputusan penolakan pergantian kelamin yang di tetapkan oleh hakim tunggal Villa Sari, SH, MKn adalah menyalahi kodrat. Faqih alias Icha ingin membuktikan jika dirinya merupakan seorang wanita, meski sejak lahir dinyatakan sebagai seorang pria.

“Saya sedang memperjuangkan klien saya melalui kasasi. Masa alasannya menyalahi kodrat saja, itu kan tidak benar. Menurut saya kurang pas. Karena dari sisi klinis kedokteran, agama, dari sisi lingkungan, bahkan dari sisi fisik pun dia sudah menunjukkan kalau dia seorang perempuan,” terangnya.

Menurut Djoko, kedua organ vital Icha sudah berganti dalam bentuk wanita. Secara fisik, psikis dan batiniah pun kliennya telah menjadi perempuan karena menyukai lelaki.

“Ya mau bagaimana lagi, jika harus dikembalikan lagi menjadi lelaki sudah tidak bisa. Sementara identitasnya masih lelaki, ini kan membingungkan,” tutupnya.

Djoko menegaskan akan memperjuangkan kliennya meski melalui jalur kasasi hingga tingkat MA melalui PN Purwokerto.

Icha saat ini telah menjadi seorang perempuan. Diperkuat dengan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Dr. Soetomo saat ia menjalani operasi. Saat lahir, Icha berjenis kelamin lelaki. Namun ia merasa memiliki fisik sebagai seorang perempuan. Oleh sebabnya, sebelum ada kepastian kliennya bingung untuk bertindak.

D For GAEKON