Pria Pakai Seragam Brimob Lempar Anak Kucing Ke Parit

0

Pria Pakai Seragam Brimob Lempar Anak Kucing Ke ParitGaekon.com – Seorang pria yang mengenakan seragam brimob terekam video tega melempar anak kucing ke parit. Diduga, pria yang melempar anak kucing itu merupakan personel Polri yang bertugas di Brimob.

Pria tersebut menenteng anak kucing berwarna putih dengan tangan kanannya. Kemudian, ia berjalan menuju jembatan yang ada di atas parit dan langsung melempar makhluk hidup itu tanpa belas kasihan.

Usai melakukan aksinya, pria tadi berjalan santai dengan gerak-gerik tanpa bersalah. Sementara orang yang merekam kejadian itu tertawa ketika anak kucing itu dibuang.

Sementara, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyatakan dari viralnya video itu, Briptu SS anggota di Satuan Brimob Polda Sumatera Utara sedang diperiksa.

“Yang bersangkutan lagi diperiksa Paminal Korps Brimob. Karena yang bersangkutan saat ini ada kegiatan BKO di daerah Ibu Kota (Jakarta). Sehingga yang melakukan pemeriksaan Korps Brimob Polri,” ujar Awi dalam konferensi pers secara virtual di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (5/11).

Setelah video viral, kata Awi, pihak kepolisian melakukan penelusuran dan akhirnya menemukan identitas oknum Brimob tersebut. Selain itu, ia mengatakan, polisi mengetahui waktu dan lokasi kejadiannya, yakni 30 September 2020 sekitar pukul 16.30 WIB di Polda Sumatera Utara.

Kemudian, Briptu SS juga telah diperiksa intensif di Biro Pengamanan Internal (Paminal) Korps Brimob Polri.”Jadi kami sudah tanyakan apa motifnya dan yang bersangkutan bilang tidak sengaja, jadi waktu dia makan sore saat dia jaga, makanannya direbut oleh anak kucing itu, yang bersangkutan kesal lalu membuang anak kucing itu ke parit. Tidak sadar divideokan oleh temannya,” kata Awi.

Selain itu Awi juga menyesalkan tindakan tidak terpuji oknum Brimob tersebut. Sebagai balasannya, Mabes Polri telah menyiapkan sanksi tegas kepada pelaku.

Sanksi tersebut berdasarkan Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 14 tahun 2011 tentang kode etik profesi Polri, dan etika kepribadian yang tercantum pada pasal 11 huruf c. Dalam beleid itu dikatakan, setiap anggota Polri wajib menaati dan menghormati norma kesusilaan agama, kearifan lokal dan norma hukum.

“Kami menyesalkan anggota kita yang melakukan hal yang tidak terpuji tentunya kita tindak tegas sesuai perundangan berlaku. Hal tersebut dilarang agama dan hukum, tentunya akan ditindak tegas,” kata Awi.

Sebelumnya, sempat viral sebuah video berdurasi 13 detik yang menunjukkan seorang oknum Brimob Polri melempar anak kucing ke sungai. Sebelum dilempar ke sungai, anak kucing itu sempat dimarahi oleh oknum tersebut. Beruntung, anak kucing tersebut masih bisa selamat, usai berenenang ke tepian.

K For GAEKON