Tuai Kecaman, Pria Ini Nekat Tendang Sesajen Di Lokasi Erupsi Gunung Semeru

0

Tuai Kecaman, Pria Ini Nekat Tendang Sesajen Di Lokasi Erupsi Gunung SemeruGaekon.com – Seorang pria yang melontarkan kata makian atau menistakan tradisi sesajen makanan di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru mendadak viral di media sosial.

Video tersebut dibagikan akun Twitter @setiawan3833. Dalam video itu terlihat seorang pria berpeci tengah membuang dan menendang sesajen makanan di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru. Ia menendangnya ke arah jurang.

Peristiwa itu tepatnya terjadi di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kabupaten Lumajang.

“Jarang sekali disadari bahwa inilah yang mengundang murka Allah hingga menurunkan adzabnya,” kata pria dalam video itu.

Aksi nekat pria menendang sesajen itu sontak mengundang emosi warganet. Pasalnya, mereka menilai bahwa pria itu tidak menghormati keyakinan beragama sesama manusia.

Menurut keterangan Kepala RT 12 Dusun Sumbersari, Zaenal Abidin banyak warga yang ikut kecewa melihat aksi pria tersebut.

”Iya, benar mas itu kejadian di Sumbersari. Tapi saya tidak tahu kapan itu kejadian. Yang jelas warga banyak yang kecewa dan marah setelah liat video itu,” tutur Zaenal.

Sesajen Yang Ditendang Adalah Tradisi Ruwatan

Zaenal mengatakan bahwa biasanya tradisi ruwatan dilakukan untuk memohon keselamatan. Pihaknya menyayangkan kejadian tersebut karena telah menyinggung adat istiadat warga setempat.

”Tahu sendiri erupsi kemarin dampaknya bagaimanakan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq juga ikut geram dan menginstruksikan untuk mencari pria yang ada dalam video tersebut.

Jika menilik sejarah, tradisi sesajen adalah ritus keyakinan yang sering dilakukan warga di Jawa untuk memohon keselamatan.

D For GAEKON