Protokol Kesehatan Ketat, Pemerintah Bebaskan Mudik Lebaran 2021

0

Protokol Kesehatan Ketat, Pemerintah Bebaskan Mudik Lebaran 2021Gaekon.com – Pandemi Covid-19 tahun lalu membuat pemerintah melarang adanya mudik lebaran. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini pemerintah tidak melarang masyarakat untuk mudik lebaran 2021.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik lebaran. Hal tersebut ia sampaikan dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3).

“Hal pertama yang bisa kami ungkapkan terkait mudik 2021. Pada prinsipnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang (mudik),” kata Budi.

Meski tidak dilarang, Budi menegaskan bahwa akan ada mekanisme protokol kesehatan ketat yang disusun bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Kemenhub dan Satgas Covid-19 akan berkoordinasi dalam hal tracing kepada masyarakat yang bepergian.

“Kementerian Perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan Lebaran berharap penuh agar kegiatan mudik berjalan dengan baik. Oleh karenanya, saya mengajak kepada Bapak Ketua Komisi dan anggota untuk memantau persiapan mudik dan juga memantau proses mudik itu sendiri,” terangnya.

Budi menyebut akan ada lonjakan pergerakan orang. Pasalnya, program vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan ini membuat hasrat bepergian masyarakat semakin tinggi.

Budi mengatakan bahwa penggunaan tes GeNose yang lebih murah sebagai syarat perjalanan di terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandara akan dijalankan.

“Program vaksinasi diprediksi akan membuat masyarakat ingin bepergian. Juga adanya PPnBM 0 persen, di mana kepemilikan mobil bisa bertambah,” ujarnya.

Budi tak melupakan faktor cuaca dan bencana alam yang bisa menjadi isu strategis pelaksanaan mudik lebaran 2021. Pihaknya mengaku terus memperhatikan kondisi cuaca dan potensi bencana alam pada masa mudik Lebaran.

D For GAEKON