Proyek Tol Desari Yang Digugat Tommy Soeharto Rp 56,67 Miliar Ternyata Milik CMNP

0

Proyek Tol Desari Yang Digugat Tommy Soeharto Rp 56,67 Miliar Ternyata Milik CMNPGaekon.com – Pemerintah Indonesia digugat sebesar Rp 56,67 miliar oleh Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Gugatan tersebut dilayangkan karena Tommy merasa keberatan dengan proyek Tol Depok-Antasari.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Gugatan dilayangkan ke PN Jakarta Selatan atas nama Hutomo Mandala Putra dan terdaftar dengan nomor perkara 35/Pdt.G/2021/PN JKT.SEL.

Tommy merasa keberatan lantaran bidang tanah dan bangunan miliknya terkena proyek tol Depok-Antasari. Seluruh aset milik Tommy Soeharto yang terkena proyek Tol Desari berada di Cilandak, Jakarta Selatan.

Properti miliknya itu adalah sebuah bangunan kantor seluas 1.034 meter persegi, pos jaga seluas 15 meter persegi, bangunan garasi seluas 57 meter persegi, dan tanah seluas 922 meter persegi.

Pemilik konsesi Tol Depok-Antasari dipegang oleh PT Citra Waspputowa. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk atau CMNP.

CMNP sendiri merupakan perusahaan yang mayoritas sahamnya pernah dimiliki anggota Keluarga Cendana Siti Hardiyanti Rukmana alias Mbak Tutut yang tak lain adalah kakak dari Tommy Soeharto.

PT Citra Waspphutowa milik CMNP juga menjadi salah satu tergugat dalam gugatan Tommy Soeharto. Empat tergugat lainnya adalah Kementerian ATR/BPN, Kementerian PUPR, Pemprov DKI Jakarta, dan Stella Elvire Anwar Sani.

Tol Depok-Antasari (Tol Desari) adalah salah satu proyek tol yang mengubungkan Jakarta bagian selatan dengan Kota Depok di Jawa Barat.

Secara keseluruhan, Tol Desari memiliki panjang 28 km yang terbagi dalam empat tahapan. Yakni, Seksi 1 Antasari-Brigif, Seksi II Brigif-Sawangan, Seksi III Sawangan-Bojonggede, dan Seksi IV Bojonggede-Salabenda.

Ruas tol ini rencananya akan terkoneksi dengan ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 (Cinere-Cimanggis) serta Lingkar Luar Bogor (BORR) dan Jalan Ciawi-Sukabumi.

D For GAEKON