PT Kereta Commuter Indonesia Berlakukan Tes Swab Antigen Acak Mulai Hari Ini

0

PT Kereta Commuter Indonesia Berlakukan Tes Swab Antigen Acak Mulai Hari IniGaekon.com – Mulai hari ini, Senin (21/6) PT Kereta Commuter Indonesia melakukan tes swab antigen secara acak kepada pengguna KRL.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Sindonews, VP Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia Anne Purba, mengatakan bahwa tes antigen acak ini untuk 100 orang pengguna KRL setiap hari.

“Minimal 100 orang/hari,” kata Anne.

Nantinya, tes antigen acak ini akan diberlakukan di 6 stasiun dengan volume pengguna KRL yang tinggi, yaitu Stasiun Bogor, Bekasi, Cikarang, Tangerang, Manggarai, dan Tanah Abang.

Tes antigen acak ini dilakukan guna mencegah penyebaran mutasi Covid-19. Pasalnya, kasus positif Covid-19 di wilayah Jakarta dan sekitarnya terus meningkat.

Anne juga menjelaskan bahwa tes antigen acak ini dilakukan sebelum pengguna bertransaksi membeli tiket kereta api.

“Tes antigen acak ini dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik stasiun. Bagi para pengguna yang hasilnya negatif akan dipersilakan melanjutkan perjalanan dengan KRL. Sementara para pengguna yang hasilnya positif tidak diizinkan naik KRL dan datanya dilaporkan ke satgas Covid-19 setempat,” jelas Anne.

PT Kereta Commuter Indonesia selalu melakukan pengawasan protokol kesehatan kepada seluruh penumpangnya.

“KAI Commuter telah menerapkan protokol kesehatan sejak awal pandemi Covid-19, seperti wajib memakai masker, menjaga jarak dengan melakukan penyekatan saat kondisi padat, pemeriksaan suhu tubuh, dan mencuci tangan,” kata Anne.

Bahkan pihak PT Kereta Commuter Indonesia juga seluruh jajarannya, terutama petugas di garda terdepan, telah melakukan vaksinasi demi keamanan dan keselamatan.

“Para pegawai dan petugas di garda terdepan layanan KAI Commuter secara bertahap juga telah mendapatkan vaksinasi dari pemerintah. Yang terbaru, pada Kamis dan Jumat (17-18/6) lalu pemerintah mengadakan vaksinasi di Stasiun Bogor dengan sasaran utama para pengguna aktif KRL,” kata Anne.

D For GAEKON