Putin Akhirnya Ucapkan Selamat ke Biden atas Kemenangan Pilpres AS

0

Putin Akhirnya Ucapkan Selamat ke Biden atas Kemenangan Pilpres ASGaekon.com – Akhirnya Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, atas kemenangannya dalam pilpres AS 2020. Putin memberikan ucapan selamat setelah voting Electoral College yang hasilnya mengukuhkan kemenangan Biden atas Presiden Donald Trump.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (15/12/2020), diketahui melalui pihak Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia sebelumnya menyatakan bahwa Rusia masih menunggu hasil resmi pilpres AS sebelum mengomentari hasilnya.

Bahkan diketahui sebelumnya, Putin tidak langsung menyelamati Biden saat banyak negara mulai memberikan ucapan selamat kepada mantan Wakil Presiden AS itu, beberapa hari usai pilpres pada 3 November lalu.

Dalam pernyataan terbarunya, seperti yang dikutip dari The Moscow Times, menyebut bahwa Putin menyampaikan ucapan selamat kepada Biden melalui telegram, setelah Electoral College mengonfirmasi kemenangannya. Dalam pernyataannya, Putin mendoakan kesuksesan Biden sebagai Presiden AS selanjutnya.

“Untuk bagian saya, saya siap berinteraksi dan melakukan kontak dengan Anda,” ucap Putin kepada Biden seperti dikutip Kremlin.

“Putin mengharapkan kesuksesan Presiden terpilih dan menyampaikan keyakinan bahwa Rusia dan Amerika Serikat, yang memiliki tanggung jawab khusus untuk keamanan dan stabilitas global, mampu, meskipun memiliki perbedaan pendapat, untuk sungguh membantu menyelesaikan banyak persoalan dan tantangan yang dihadapi dunia,” demikian pernyataan Kremlin.

Seperti yang diketahui, dari Voting Electoral College pada Senin (14/12/2020) waktu AS, secara resmi mengonfirmasi kemenangan Biden. Hasil voting tersebut, menunjukkan bahwa Biden memperoleh 306 electoral votes, sedangkan Trump memperoleh 232 electoral votes. Dibutuhkan sedikitnya 270 electoral votes untuk bisa memenangkan pilpres AS.

Dengan hasil tersebut, maka secara resmi Joe Biden dikukuhkan sebagai pemenang pilpres AS 2020. Selanjutnya, Biden dan Wakil Presiden terpilih AS, Kamala Harris, akan dilantik pada 20 Januari 2021 mendatang.

Z For GAEKON