Raup Untung Rp 300 Juta, Polisi Amankan 2 Tersangka Penjual Oksigen Yang Naikkan Harga 2 Kali Lipat

0

Raup Untung Rp 300 Juta, Polisi Amankan 2 Tersangka Penjual Oksigen Yang Naikkan Harga 2 Kali LipatGaekon.com – Kelangkaan oksigen saat ini banyak dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk menaikkan harga. Seperti yang dilakukan oleh dua penjual oksigen ini, mereka menjual oksigen dengan harga dua kali lipat dari biasanya.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Satreskrim Polres Metro Jakarta Pusat berhasil menangkap dua tersangka penjual oksigen tersebut.

Keduanya memanfaatkan kebutuhan oksigen di tengah masyarakat yang terpapar Covid-19 dengan menjualnya dua kali lipat dari harga biasanya. Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo mengatakan dari hasil jualan oksigen itu, mereka meraup keuntungan ratusan juta rupiah.

“Omzet yang diterima dari penjualan tabung oksigen dan regulator ini cukup menggiurkan karena hanya beberapa minggu saja di akhir bulan Juni dan awal Juli omzet yang diterima sekitar Rp 300 juta rupiah,” kata Setyo.

Tersangka Merupakan Distributor Dan Importir

Menurut Setyo, keduanya telah melakukan praktik tersebut sejak akhir Juni. Kedua tersangka merupakan seorang distributor dan importir.

“Saya jelaskan bahwa terduga tersangka merupakan distributor sekaligus importir dari tabung ataupun barang yang kita amankan ini. Nanti pun akan kita lakukan pendalaman terkait dengan importasi tabung-tabung tersebut,” jelas Setyo.

Dalam kasus ini tersangka dianggap melanggar sejumlah UU mulai dari soal wabah, kesehatan, hingga perlindungan konsumen.

“Apabila nanti perlu kita akan dalami dengan UU Tindak Pidana Pencucian Uang,” kata Setyo.

Setyo mengatakan bahwa tindak pidana untuk keduanya sesuai aturan PPKM Darurat dan aturan pemerintah dilarang untuk menaikkan harga barang-barang tertentu.

“Dugaan tindak pidana yang jelas adalah sesuai aturan PPKM Darurat dan aturan pemerintah dilarang untuk menaikkan harga barang-barang tertentu yang telah ditetapkan pemerintah di atas HET (harga eceran tertinggi),” kata Setyo.

D For GAEKON