Razia Barang Terlarang, Warga Baduy Bakar 4 Unit Sepeda Motor

0

Razia Barang Terlarang, Warga Baduy Bakar 4 Unit Sepeda MotorGaekon.com – Sebuah video aksi pembakaran 4 unit sepeda motor oleh warga Baduy viral di media sosial. 4 motor tersebut merupakan hasil razia barang terlarang yang dilakukan petugas adat dari Kampung Tangtu Cikeusik.

Untuk diketahui, Kampung Tangtu Cikeusik merupakan wilayah Baduy dalam. Aksi pembakaran motor ini dibenarkan oleh warga Baduy, Uday.

“Itu terjadi saat razia adat Jumat kemarin, empat dari enam motor hasil razia adat dimusnahkan dengan cara dibakar,” kata Uday dilansir dari Kompas.

Dalam video yang viral itu terlihat dua orang tengah membakar beberapa motor di pinggir sungai. Mereka mengangkat satu per satu motor dan diletakkan di atas api.

Menurut keterangan Uday, selama ini warga Baduy dilarang memiliki barang-barang modern. Mulai dari kendaraan roda dua maupun roda empat, tape recorder, radio, televisi, lampu petromax, termasuk peralatan rumah tangga seperti piring beling.

Lembaga Baduy biasanya rutin melakukan razia bagi warganya yang melanggar. Bagi mereka yang melanggar, barang-barang tersebut akan disita untuk selanjutnya diberikan sanksi.

Bentuk saksi yang akan diberikan juga beragam, mulai dari teguran hingga pemusnahan barang bukti. Uday mengatakan bahwa sang pemilik motor itu sepertinya sudah berulang kali diingatkan untuk menyerahkan motornya ke Lembaga Adat atau bisa dengan menjualnya juga. Namun sepertinya warga pemilik motor itu tidak mendengarkan.

D For GAEKON